Suci Nabila Antusias Ikuti Jelujur Sasirangan Massal BSF ke-7 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 18 Maret 2023

Suci Nabila Antusias Ikuti Jelujur Sasirangan Massal BSF ke-7

BERITABANJARMASIN.COM - Ribuan siswa di Kota Banjarmasin mengikuti kegiatan menjelujur kain sasirangan massal yang dilaksanakan di Siring Menara Pandang pada Minggu (12/3/2023) pagi.

Nampak masing-masing peserta dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tengah asik menjelujur kain tradisional khas Banjar dengan motif beragam.

Nur Suci Nabilla salah satu siswa di SMPN 23 Banjarmasin mengaku sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan menjelujur kain sasirangan itu bersama teman-temannya.

Apalagi dirinya memang senang menjahit, sehingga saat kegiatan menjelujur pada kain sasirangan tidak membuatnya kesulitan.

"Senang sekali bisa ikut menjelujur kain sasirangan. Jadi kita tahu proses pembuatannya, tadi saya buat motif bunga," paparnya.

Tentunya, kegiatan menjelujur kain sasirangan ini jadi ilmu dan pengalaman yang cukup berharga baginya. 

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi.

Sementara itu, Kepala SMPN 10 Banjarmasin, Syahrina mengatakan sangat mendukung adanya pergelaran BSF karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang memberikan pengetahuan siswa secara tidak langsung. Salah satunya seperti kegiatan menjelujur kain sasirangan.

"Sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini karena para siswa bisa belajar sambil berkreasi," terangnya.

Praktek pembuatan kain sasirangan sendiri lanjutnya, jadi salah satu pilihan dalam mata pelajaran Mulok bagi siswa di SMPN 10 Banjarmasin.

Maka dari itu, tidak sulit bagi siswanya untuk menjelujur kain warisan banjar itu dalam rangkaian event BSF.

Selain itu, ia mengaku sangat senang sekolahnya bisa ikut berpartisipasi. Apalagi kegiatan menjelujur massal itu sudah berhasil memecahkan rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID).

"Paling tidak kita sudah ikut berkontribusi untuk membanggakan nama Kota Banjarmasin melalui pemecahan rekor," ujarnya.

Tentunya ia berharap melalui kegiatan seperti ini, para siswa yang merupakan generasi muda bisa melestarikan salah satu budaya banjar yakni berupa pembuatan kain sasirangan.

"Sudah seharusnya generasi muda melestarikan warisan budaya. Dari kegiatan ini siswa jadi tahu pentingnya hal itu," akhirnya. (adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner