Portada Diharapkan Mampu Lestarikan Permainan Tradisional Khas Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 16 Maret 2023

Portada Diharapkan Mampu Lestarikan Permainan Tradisional Khas Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portada) Provinsi Kalsel resmi digelar perdana di Gor Hasanuddin HM, Banjarmasin 15--18 maret 2023.

Kegiatan ini mempertandingkan lima macam olahraga tradisional yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang.

Event ini dibuka secara langsung Gubernur melalui Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil. "Kami harap melalui Portada olahraga tradisional semakin tumbuh dan berkembang serta nilai budaya terjaga kelestariannya," ujarnya.

Saat ini jelasnya, permainan tradisional sudah tergerus arus modernisasi dan maraknya game online sehingga permainan tradisional seperti balogo sudah jarang dimainkan.

"Kami harap permainan tradisional jangan sampah punah serta mengedukasi dan mengenalkan kepada generasi muda untuk dilestarikan," ucapnya.

Sementara itu, Kadispora Kalsel Hermansyah menyampaikan antusias yang mengikuti olahraga tradisonal ini luar biasa. "Total ada 900 peserta di Kalsel yang ikut dalam event ini," jelasnya.

Kegiatan ini menurutnya menjadi ajang seleksi para pegiat-pegiat olahraga tradisional untuk dipersiapkan pada event nasional seperti pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas). 

"Kami ingin mereka dapat membawa nama harum banua di kancah nasional," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner