Sejumlah Koleksi Dispersip Kalsel Akan Dijadikan Koleksi LOC American di Washington DC | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 23 Februari 2023

Sejumlah Koleksi Dispersip Kalsel Akan Dijadikan Koleksi LOC American di Washington DC

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie (kiri) dan perwakilan LOC American Jakarta, Nina Kania Dewi (kanan).


BERITABANJARMASIN.COM - Sejumlah koleksi milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dijadikan koleksi Library of Congress (LOC) American Jakarta di Washington DC.

Hal tersebut disampaikan perwakilan LOC American Jakarta, Nina Kania Dewi saat melakukan kunjungan ke Dispersip Kalsel belum lama ini.

Melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Nina mengatakan, dia memiliki tujuan utama yakni menghimpun publikasi-publikasi yang bersifat lokal dari berbagai penerbit dan lembaga.

“Terutama melihat koleksi deposit, menghimpun publikasi yang bersifat lokal dari berbagai penerbit dan lembaga yang ada di Kalsel, untuk dijadikan koleksi LOC di Washington DC,” jelas Nina, Banjarmasin, Kamis (23/2/2023).

Nina sendiri mengaku kagum dengan keaktifan Dispersip Kalsel dalam menggaungkan setiap kegiatannya di berbagai media, hingga Dispersip Kalsel menjadi tujuan banyak daerah dalam melakukan studi banding pengembangan perpustakaan dan kearsipan.

“Kesan pertama Dinas ini dari berbagai media banyak mendapatkan liputan, sehingga saya banyak tahu informasi dari media dan tertarik untuk datang ke sini,” tuturnya.

Nina berharap, Dispersip di berbagai provinsi lain dapat mencontoh dan melaksanakan hal serupa seperti Kalsel, agar bisa mengembangkan koleksi lokal menjadi perhatian masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengakui pihaknya memang memerlukan peran awak media untuk bisa mengiringi setiap kegiatan.

“Selain merangkul instansi dan lembaga lain, awak media juga penting, karena tanpa mereka, kinerja kita tidak diketahui masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh Nurliani mengungkapkan, pihaknya juga mempunyai koleksi yang hanya bisa didapatkan di Perpustakaan Palnam.

“Kami menerbitkan sendiri, cari penulis sendiri yang pakar di bidangnya, hingga buku tersebut menjadi koleksi khazanah tentang sosial budaya Kalsel yang tidak diperjualbelikan. Itu mungkin juga salah satu keunggulan kami,” jelas Nurliani.

Selain itu, pihaknya juga punya cara tersendiri untuk mempromosikan, diantaranya dengan acara bedah buku, hingga dijadikan sebagai hadiah bagi tamu-tamu dari dalam maupun luar daerah. MC Kalsel/Jml

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner