Nanang Banjarmasin dan Galuh Kabupaten Banjar Terpilih Menjadi Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel 2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 24 November 2022

Nanang Banjarmasin dan Galuh Kabupaten Banjar Terpilih Menjadi Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel 2022

Finalis Nanang dan Galuh Kebudayaan Kalsel 2022, Banjarbaru, Rabu (23/11/2022). MC Kalsel/usu


BERITABANJARMASIN.COM - Finalis Nanang dari Kota Banjarmasin,  M. Rohit Rendra dan Galuh dari Kabupaten Banjar, Raudatul Jannah dinobatkan menjadi Nanang Galuh Kalimantan Selatan Tahun 2022.

Pemilihan Nanang Galuh Kalimantan Selatan tahun 2022 dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan mulai dari karantina pada tanggal 21 November hingga malam grand final 23 November yang diadakan di salah satu hotel kota Banjarbaru dengan tema “Pemuda Giat, Bergerak Berkarya, Maharagu Banua”.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin yang sambutannya dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suparno mengatakan, kegiatan ini salah satu cara memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang kebudayaan yang dimiliki Kalsel.

“Nanang Galuh terpilih nantinya akan menjadi penggiat budaya serta mengawal budaya Banjar untuk dapat dikenal luas secara nasional maupun internasional,” ucapnya, di Banjarbaru, Rabu (23/11/2022).

Maka dari itu, pihaknya berharap kepada para peserta agar terus dapat mengembangkan budaya Kalsel dalam lingkungan integral kebudayaan.

“Sudah saatnya para Nanang dan Galuh memiliki wawasan yang luas terhadap kebudayaan daerah Kalsel yang akan dipromosikan pada event-event,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Sekretaris, Hadeli Rosyaidi menjelaskan, pemilihan Nanang Galuh ini merupakan upaya pihaknya dalam melaksanakan amanah dari UU Nomor 05 tahun 2017 mengenai kemajuan kebudayaan. Lalu, pada agenda karantina, para peserta telah diberikan pembekalan materi untuk menambah pengetahuan.

“Materi disampaikan seperti tentang pemerintahan, organisasi, kebudayaan, kepribadian, geopark meratus dan table manner,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Provinsi Kalsel, Raudati Hildayati menambahkan, dalam malam grand final ini ada sedikit penambahan dalam penilaian juri yaitu saat sesi pembacaan pidato.

“Penambahan ini merupakan salah satu cara untuk menambah wawasan para peserta, dimana mereka dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memberikan gagasan dan menyampaikan secara berani,” jelasnya.

Untuk para juri pada pemilihan kali ini di antaranya Nurul Fajar Desira juri Geopark Meratus, Galuh Tantri Narindra, juri organisasi, Setia Budhi, juri kebudayaan, Galuh Dwinta Sari, juri kepribadian, dan Putra Rakhmadani juri speaking.

Setelah itu, pemenang Nanang dan Galuh Kebudayaan Kalsel akan mewakili Kalsel pada ajang perlombaan tingkat nasional.

“Nanang dan Galuh terpilih akan dikirim ke ajang Putra dan Putri Kebudayaan Indonesia tahun 2023 mendatang,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner