Dinsos Kalsel Kirimkan Tim Tagana Dalam Bantu Korban Gempa Bumi di Cianjur | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 24 November 2022

Dinsos Kalsel Kirimkan Tim Tagana Dalam Bantu Korban Gempa Bumi di Cianjur

Tim Tagana Dinsos Kalsel sebanyaj tujuh relawan dilepas untuk bertugas selama sepuluh hari membantu korban bencana di Cianjur, Banjarmasin, Kamis (24/11/2022).

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka misi kemanusiaan untum para korban bencana alam gempa bumi Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor memerintahkan tim Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalsel untuk segera berangkat ke lokasi kejadian melakukan bantuan tanggap darurat.

Plt Kepala Dinsos Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel Achmadi mengatakan sebanyak tujuh orang relawan Tagana Kalsel akan bertugas selama sepuluh hari di Cianjur.

“Hari ini kita lakukan pelepasan kepada tujuh anggota Tagana Kalsel yang akan menuju Cianjur, sesuai arahan dari Gubernur Kalsel, dalam rangka misi kemanusiaan para korban bencana alam gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu,” kata Achmadi, Banjarmasin, Kamis (24/11/2022).

Disebutkan Achmadi, tujuh orang yang berangkat tersebut akan memberikan pelayanan lima spesialisasi bantuan tanggap darurat.

“Yang pertama melakukan evakuasi korban bencana tanah longsor dan gempa bumi dalam kondisi apapun, baik dalam keadaan masih hidup atau pun sudah meninggal. Kedua, melakukan pendirian tenda shelter atau pengungsian kepada para korban penyintas korban. Ketiga, melakukan dapur umum lapangan dan juga membantu kawan Tagana dari beberapa daerah yang sudah berada di sana terlebih dahulu sejak kejadian,” ucap Achmadi.

Selain itu juga, pihaknya melakukan layanan logistik yaitu membantu administrasi penata usahaan logistik, yang didirikan oleh Kemensos serta juga melakukan layanan dukungan psikososial bagi para korban bencana.

“Untuk logistik akan dibawa oleh tim kedua, lalu akan kita siapkan sesuai arahan dari Gubernur Kalsel dalam hal memberikan bantuan tanggap darurat,” tambah Achmadi.

Dirinya juga akan menyiapkan tim lapis kedua untuk mengganti tim yang dikirimkan untuk standby di Kalsel mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Besok tim pertama akan berangkat dan mohon doa bagi masyarakat Kalsel, keselamatan kepada kawan-kawan yang berangkat ke daerah bencana alam gempa bumi dan tanah longsor di Cianjur,” pungkasnya. MC Kalsel/Rns

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner