Dua Kawasan di Banjarmasin Jadi Pilot Project Rumah Sampah Ramah Lingkungan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 11 Agustus 2022

Dua Kawasan di Banjarmasin Jadi Pilot Project Rumah Sampah Ramah Lingkungan

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal membangun rumah Tempat Penampungan Sampah (TPS) di dua kawasan.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki menerangkan rencana tersebut merupakan sebuah program dalam penanganan sampah. "Rencananya tahun ini Insya Allah akan direalisasikan," ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Pria yang akrab disapa Jack itu juga mengatakan ada dua kawasan yang akan menjadi pilot project pembangunan rumah sampah.

Yakni kawasan Yudhistira Beruntung Jaya Banjarmasin Selatan dan kawasan Melati Di Jalan Pramuka Banjarmasin Timur. "Dari dua tempat itu nantinya kita buat sedemikian rupa," tuturnya.

Misalnya dengan membuat tempat cuci tangan bagi petugas yang membuang sampah, pembangunannya menyerupai rumah yang ada atapnya. Agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sehingga para pemulung tidak lagi menghamburkan sampah saat dipilah. "Ini sebuah inovasi yang bisa bermanfaat," kata ia.

Mengingat sejauh ini sampah menjadi problem yang menjadi atensi pemerintah kota. Untuk itu berbagai upaya mulai dari program hingga inovasi terus dilakukan.

Terpisah, sebelumnya Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor menyampaikan pihaknya telah lama merencanakan pembuatan rumah sampah ramah lingkungan.

Agar sampah tidak lagi menjadi permasalah dikalangan masyarakat. Terutama pada bau yang tak sedap hingga mengganggu pengguna jalan. "Mudah - mudahan ini efektif mengatasi problem sampah," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner