Sedikit Riwayat Ahmad Ghazali, Adik Dari Abah Guru Sekumpul Yang Wafat Diusia Yang Sangat Muda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 23 Juni 2022

Sedikit Riwayat Ahmad Ghazali, Adik Dari Abah Guru Sekumpul Yang Wafat Diusia Yang Sangat Muda

 


Abah Guru Sekumpul adalah salah seorang ulama besar Martapura, Kalimantan Selatan. Banyak sisi lain dari hidup beliau yang mungkin belum kita ketahui, salah satunya adalah beliau pernah memiliki seorang adik laki laki.

Adik beliau bernama Ahmad Ghazali. Ahmad Ghazali lahir di usia Abah Guru Sekumpul berumur tahun kurang lebih dua tahun. Menurut riwayat, rupanya sangat mirip dengan Abah Guru Sekumpul, mulai dari rupa, badan, warna kulit dan sebagainya. Jadi Abah Guru Sekumpul anak pertama, dan adik beliau adalah Ahmad Ghazali.

Ahmad Ghazali lahir itu sedang zaman penjajah Jepang. Dizaman itu terjadi wabah penyakit malaria. Ahmad Ghazali terkena penyakit ini diumur 4 atau 5 bulan.  Ahmad Ghazali pun diobati kepada seorang Mantri. Namun ternyata umur tak dapat ditahan tahan lagi, maka meninggal lah Ahmad Ghazali diumur yang baru sekitar beberapa bulan

Ahmad Ghazali pun dikuburkan di dekat Patih Mangun Jaya daerah Keraton. Semua sangat bersedih, terutama ayah beliau yang bernama Abdul Ghani. Karena Abdul Ghani baru datang dari Jakarta dan membawakan oleh oleh pakaian untuk Ahmad Ghazali. Ternyata anak beliau Ahmad Ghazali sudah meninggal dunia.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ig9qHkw3LDg&t=2057s

 

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner