Sedikit Riwayat Hidup Datu Amin Banua Anyar Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 28 Mei 2022

Sedikit Riwayat Hidup Datu Amin Banua Anyar Banjarmasin


Syekh Mufti H. Muhammad Amin (Datu Amin Banua Anyar) adalah cucu dari Qodhi H. M. Sa’id, seorang menteri Sultan pada zamannya. Qodhi M. Sa’id kawin dengan Tuan Giat, saudara Tuan Guwat istri Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Qodhi M. Said dan Tuan Giat melahirkan Shalehah yang kawin dengan Juragan Ya’qub. Perkawinan ini melahirkan 4 orang anak, salah satunya adalah Datu Amin Banua Anyar. Dengan demikian, Datu Amin Banua Anyar Banjarmasin masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Datu Kalampayan Martapura.

Datu Amin ketika muda adalah seorang yang pemuda yang sangat gigih dalam menuntut ilmu agama. Beliau adalah ulama yang kharismatik, disegani oleh masyarakat dan pemerintah Belanda pada zaman itu. Beliau juga sosok ulama yang pemurah.

Beliau memiliki kesenangan pergi ke hutan hutan untuk melihat keindahan ciptaan Allah SWT. Beliau pun sambil berburu dihutan itu. Hasil buruan itu beliau gunakan untuk menjamu para murid yang belajar ilmu agama kepada beliau.

Beliau sempat menimba ilmu di tanah suci Makkah. Beliau banyak menguasai ilmu agama, khususnya di bidang ilmu al qur’an dan lain lain. Ketika pulang ke Banjar, beliau diangkat menjadi mufti tua di daerah Kuin Banjarmasin pada tahun 1294 H/1876 M. Saat itu, Kerajaan banjar sedang berkecamuk perang melawan penjajah Belanda yang digerakkan oleh Pangeran Antasari.

Beliau menjadi mufti di Kuin Banjarmasin selama kurang lebih 20 tahun. Suasana perang Banjar masih belum mereda. Jiwa kepahlawanan dan cinta tanah air begitu mempengaruhi kejiwaan beliau. Perselisihan paham pun terjadi antara Datu Amin dan penjajah Belanda, hingga beliau ditangkap oleh para penjajah. Namun, saat Penjajah Belanda hendak menangkap Datu Amin dirumah beliau, ternyata beliau tidak Nampak oleh para penjajah. Padahal beliau berada dirumah beliau sendiri. Hingga pulanglah para penjajah Belanda tadi dengan tangan hampa.

Banyak dzuriyat beliau yang menjadi orang yang besar, diantaranya :

1. Syekh H. M. Yunan bin Syekh Mufti M. Amin, diangkat menjadi penghulu di Sungai Bilu Banjarmasin. Beliau kemudian menjadi anggota persidangan agama di Banjarmasin bersama ulama lain seperti Syekh Jamaluddin Sungai Jingah. Kemudian beliau menjadi mufti di Amuntai, dan terakhir menjadi qodhi di Kandangan pada 1942 M.

2. Syekh H. Marwan bin Syekh Mufti M. Amin, banyak mewarisi ilmu Datu Amin dan hafal al qur’an. Beliau banyak menurunkan dzuriyat yang alim berpengaruh di Banjarmasin maupun Hulu Sungai

Pada akhirnya lemah lah jasmani beliau. Sebelum beliau wafat, beliau berwasiat yang menggantikan beliau sebagai mufti adalah Syekh Jamaluddin Al Banjari Sungai Jingah (Syekh Surgi Mufti Banjarmasin). Maka dilantiklah Syekh Jamaluddin Sungai Jingah sebagai mufti Banjarmasin pada 1314 H/1896 M.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5EiBfWwSb_U

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner