Jejak Keturunan Datuk Kalampayan Martapura di Tanah Suci Makkah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 28 Mei 2022

Jejak Keturunan Datuk Kalampayan Martapura di Tanah Suci Makkah

 


Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan Martapura) adalah ulama Banjar yang lama menutut ilmu di Makkah. Selain beliau, ternyata ada beberapa keturunan Datu Kalampayan yang berkiprah di tanah suci Makkah, bahkan sempat mengajar di Masjidil Haram.

Diantaranya adalah Syekh Ali Al Banjari dan Syekh Abdul Karim Al Banjari.

Syekh Ali Al Banjari adalah anak dari Syekh H. Abdullah bin Qodhi Syekh H. Mahmud bin Asiah binti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan Martapura). Syekh Ali lahir di Makkah pada tahun 1285 H/1868 M. Beliau banyak belajar kepada ulama ulama besar Makkah seperti Syekh Sayyid Abu Bakar Syatha, Syekh Zainuddin As Sumbawy, Syekh Ahmad Al Fathani dan lain lain.

Syekh Ali Al banjari adalah keturunan ke empat dari Datu Kalampayan Martapura yang turun mengajar di Masjidil Haram. Syekh Ali Al Banjari wafat pada 12 Dzulhijjah 1307 H dan dimakamkan di Mu’alla Makkah.

Lalu ada Syekh Abdul Karim Al Banjari. Beliau adalah anak dari Diyang Kacil binti Qodhi Syekh H.M. Sa’id Jazuly Nambau bin Qodhi Syekh H. Abu Su’ud bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Beliau juga sempat dipercaya melaksanakan pengajian di Masjidil Haram Makkah.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Di Makkatul Mukarramah" hal 250

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner