Tuan Guru Bangil Pernah Ditawari Menjadi Qodhi Martapura, Namun Beliau Menolaknya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 07 Februari 2022

Tuan Guru Bangil Pernah Ditawari Menjadi Qodhi Martapura, Namun Beliau Menolaknya


Syekh Syarwani Abdan Al Banjari (Tuan Guru Bangil) adalah ulama besar Martapura yang lumayan lama menuntut ilmu di Makkah. Karena kealiman dalam ilmu agama tersebut, beliau pernah ditwari jabatan Qodhi di Martapura.

Namun beliau tolak tawaran jabatan itu dengan lembut. Beliau beralasan lebih senang mandiri dan mencurahkan perhatiannya hanya untuk mengabdi dalam dunia pendidikan agama.

Selam di Makkah, Tuan Guru Bangil banyak belajar kepada ulama ulama besar Makkah pada zaman itu. Salah satu nya adalah Sayyid Amin Kutbi. Beliau belajar ilmu tasawuf dan menjadi Khalifah Sayyid Amin Kutbi untuk negara Indonesia ini.

Sebagai catatan tambahan, beliau pada tahun 1946 pindah ke kota Bangil, Jawa Timur. Itulah mengapa Syekh Syarwani Abdan Al Banjari sering disebut "Tuan Guru Bangil". Padahal beliau sendiri dilahirkan di Martapura

Tuan guru Bangil juga membuka ponpes Datu Kalampayan di Bangil pada tahun 1970an. Santri nya kebanyakan berasal dari Kalimantan dan Pulau Sumatera.

Syekh Syarwani Abdan Al Banjari dilahirkan pada tahun 1334 H/1915 M. Beliau wafat pada 12 shafar 1410 H/11-12 September 1989 M. 

buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Syarwani Abdan Bangil", halaman 122

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner