Vaksinasi Booster untuk Lansia Dilaksanakan Hari Ini, Dinkes Banjarmasin Jamin Stok Aman | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 12 Januari 2022

Vaksinasi Booster untuk Lansia Dilaksanakan Hari Ini, Dinkes Banjarmasin Jamin Stok Aman

BERITABANJARMASIN.COMVaksinasi booster hari ini serentak dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, tak terkecuali di Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi memaparkan bahwa vaksinasi booster tersebut hanya diperuntukan untuk prioritas sasaran utama yakni para lansia. "Vaksin booster bisa didapatkan di puskesmas terdekat dan kantor dinkes," ucapnya, Rabu (12/1/2022).

Machli mengatatakan sesuai kebijakan yang ditentukan oleh pemerintah pusat maka vaksinasi booster diberikan terhadap para lansia. Vaksin booster sendiri berjenis Astra Zaneca, Moderna dan Pfizer dengan dosis hanya sebagian dari dosis vaksin pertama dan kedua. "Vaksin satu dan dua 0,5 ml, maka untuk booster hanya setengah nya saja," tandasnya.

Vaksinasi lansia ditahap pertama sebagian besar menggunakan vaksin jenis Synovac, sehingga dapat dilakukan penyuntikan dengan vaksin yang berbeda untuk boosternya.

Pihaknya juga menginstruksikan terhadap 26 puskesmas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat umum lainnya untuk bersabar mendapatkan vaksinasi booster. "Kalau untuk umum nanti setelah target vaksin para lansia terpenuhi," imbuhnya.

Sementara itu, ketersediaan vaksin booster sendiri saat ini Dinkes memiliki empat ribu dosis yang terdiri dari Astra Zaneca dan sebagian Pfizer. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner