Sunan Giri Pernah Menjadi Guru Dari Bangsawan Banjar dan Bersedekah Kepada Fakir Miskin di Banua | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 27 Januari 2022

Sunan Giri Pernah Menjadi Guru Dari Bangsawan Banjar dan Bersedekah Kepada Fakir Miskin di Banua

Sumber foto : kompas.com

Raden paku yang dikenal sebagai Sunan Guru adalah Putera Maulana Ishak. Di umur 23 tahun berlayar ke pulau Kalimantan dan singgah di Pelabuhan Banjar. Sunan Giri ke pelabuhan Banjar membawa tiga buah kapal bersama juragan dari Kamboja yang bernama Abu Hurairah.

Sesampai nya beliau di pelabuhan Banjar, penduduk berduyun duyun membeli barang dagangannya. Bahkan Fakir miskin diberi barang dagangan beliau secara cuma cuma.

Sunan giri juga menjadi guru dari Raden Sekar Sungsang. Raden Sekar Sungsang pergi ke Jawa untuk belajar dengan sunan giri dan beliau bergelar Sunan Serabut.

Maka dari itu, ketika Pangeran Samudera (nanti nya menjadi Sultan Suriansyah) diminta memeluk agama Islam oleh Sultan Demak, maka dengan senang hati beliau terima tawaran itu. Karena memang Sunan Giri sudah memperkenalkan baik nya agama Islam ke Kalimantan Selatan sebelum berdirinya kesultanan Banjar.

Ketika Pangeran Samudera masuk Islam, beliau berganti nama menjadi Sultan Suriansyah, raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Penyebaran Islam pun menjadi lebih luas ketika kerajaan Banjar di pimpin oleh Sultan Suriansyah.

Sumber : buku Sejarah Banjar Balitbangda Provinsi Kalsel oleh penerbit Ombak Yogyakarta. Sub judul "Perkembangan Agam Islam dan Penerapan hukum islam" halaman 205

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner