Ragam Destinasi Wisata Kabupaten Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 21 Januari 2022

Ragam Destinasi Wisata Kabupaten Banjar

Sumber foto : disbudporapar.banjarkab.go.id/


Kabupaten Banjar memiliki beragam beragam destinasi wisata, mulai dari pasar terapung lok baintan, benteng orange Nassau pengaron, hingga haul alm. Abah Guru Sekumpul. Berikut beberapa ulasan singkatnya :

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar teraping tradisional, menjual beragam dagangan diatas jukung/perahu. Pedagang mayoritas ibu ibu dengan tanggui (topi besar). Pasar berativitas setiap jam 06-00-08.00 WITA.

2. Benteng Belanda Orange Nassau Pengaron

Benteng dan tambang batu bara bawah tanah oranje Nassau adalah tambang batu bara pertama di Indonesia. Diresmikan Jenderal Gubernur Jan Jacob Rochussen tahun 1849. Pada 1859, Pasukan pangeran Antasari menyerang bentang ini. Lokasi benteng ini berada di kecamatan pengaron.

3. Puncak Bukit Batas

Menikmati pemandangan Danau riam kanan dari puncak bukit batas di kecamatan aranio. Danau riam kanan bisa ditempuh kurang lebih 40 menit kota Martapura.

4. Rumah Adat Banjar “Bumbungan Tinggi dan gajah Baliku”

Terletak di teluk selong, sekitar 3 km dari kota Martapura. Rumah ini dibangun pada 1811 M

5. Haul Syekh M. Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan)

Syekh M. Arsyad Al Banjar lahir di Lok Gabang pada 17 Maret 1710, dan wafat di Dalam Pagar pada 3 Oktober 1812. Pada usia 30 tahun, beliau diutus oleh Sultan Tahlilullah ke Kota Makkah untuk belajar ilmu agama. Beliau adalah pengarang kotab Sabilal Muhtadi yang menjadi rujukan pemeluk islam di Asia Tenggara. Makam beliau berada di kecamatan Astambul.

6. Haul K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni (Abah Guru Sekumpul)

Abah Guru Sekumpul lahir di Tunggul Irang, Martapura pada 11 februari 1942. Wafat di Martapura pada 10 Agustus 2005. Setiap acara haul beliau dihadiri ratusan ribu jamaah setiap tahun. Makam Abah Guru Sekumpul berada di Kelurahan Sekumpul, Martapura.

Sumber : brosur wisata Destinasi Wisata Unggulan Kab. Banjar.

Dari instagram @ kabardaribanjar

Link tulisan asli : https://www.instagram.com/p/CY-OmW1vzCI/


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner