Jukung Adalah Salah Satu Perahu Tertua Di Dunia, Ada Sejak 2500 Tahun Silam | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 10 Januari 2022

Jukung Adalah Salah Satu Perahu Tertua Di Dunia, Ada Sejak 2500 Tahun Silam

Sumber foto : www.harnas.co/

Menurut Erik Petersen (Peneliti Jukung dari Denmark) menyatakan bahwa orang Banjar telah lama menguasai teknologi pembuatan perahu, salah satu nya jukung. Keahlian ini diwarisi oleh nenek moyang orang Banjar, yakni Dayak maanyan.

Jukung merupakan salah satu perahu tertua dan telah ada sejak 2.500 tahun silam. Salah satu bukti yang me dukung anggapan ini adalah ditemukan nya peti mati dari kayu yang bentuk nya mirip jukung sudur di Goa Niah, Sarawak. Jukung paling sederhana Dibuat dari batang kayu utuh yang dbelah menjadi dua dan dikerok menggunakan perkakas dari Batu

Jukung bahkan pernah hadir pameran kelas dunia di Denmark pada tahun 2000an. Jukung mendunia berkat Erik Petersen Peneliti dari Denmark yang meneliti tentang Jukung Banjar. 

Sumber : Buku “BANDJARMASIN TEMPO DOELOE” karangan Mansyur, S.Pd, M.Hum, Sub Judul "Dari Sungai Barito Ke Laut Balik, Kai Asing Bawa Jukung ke Pentas Dunja", Halaman 2.


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner