Biografi Datu Sapat (Bagian 3), Ulama Banjar Yang Masyhur di Sumatera dan Diminta Jadi Mufti Kerajaan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 22 Januari 2022

Biografi Datu Sapat (Bagian 3), Ulama Banjar Yang Masyhur di Sumatera dan Diminta Jadi Mufti Kerajaan


Pada bagian 1, diceritakan bahwa Datu Sapat (Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari) lahir di Dalam Pagar, Martapura tahun 1857 M. Beliau keturunan Datu Kalampayan dan Pangeran Diponegoro. Saat dewasa, beliau belajar dengan ulama besar Martapura saat itu, seperti K.H. M Said Wali, K.H. M. Khatib, dan K.H. Abdurrahman muda. Setelah sekian lama belajar agama di Martapura, beliau ingin belajar ilmu ke Makkah. 

Pada Bagian 2, beliau berdagang terlebih dahulu untuk mengumpulkan modal belajar ke Makkah. Setelah terkumpul, beliau berangkat dari tanah air, ke Makkah. Belajar Di Makkah bersama ulama besar seperti Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dan lain lain. Beliau memiliki Teman seangkatan belajar di Makkah yang menjadi ulama besar Nusantara seperti Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari (Jombang)

Setelah 7 Tahun belajar di Makkah, Datu Sapat (Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari) timbul keinginan pulang ke tanah air. Setelah mendapat restu dari guru guru beliau di Makkah, maka pada tahun 1894 M beliau pulang ke Indonesia. Beliau pulang Bersama kawan beliau yang Bernama Syekh Ahmad Khatib (Minangkabau). Setelah sampai di Batavia (Jakarta), beliau berdua berpisah ke daerah masing masing.

Kedatangan Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari di Kampung Halaman beliau (Martapura) mendapat sambutan meriah dari kalangan masyarakat. Beliau pun menetap di Martapura selama hampir satu tahun. Kemudian beliau sekeluarga  pindah ke daerah Sapat di Sumatera.

Daerah Sapat berada dibawah Kerajaan Indera Giri. Di daerah ini beliau membuka lahan pertanian dan perkebunan serta irigasi untuk perairan sawah. Banyak orang yang berpindah ke kampung ini dan akhirnya ramai lah daerah sapat dengan penduduk

Sebagai ulama, beliau berkewajiban memberi nasehat kepada masyarakat. Hingga ramailah di Kampung sapat dengan pengajian ilmu agama yang beliau pimpin sendiri.

Setelah sekian lama, akhirnya nama beliau menjadi masyhur di pelosok Kerajaan Indera Giri. Hingga suatu hari, datanglah utusan dari istana Indera Giri menemui Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari. Beliau diminta bersedia datang ke istana Sultan di Rengat. Datu Sapat pun menerima dan bersedia datang ke istana.

Kedatangan beliau disambut dengan rasa persaudaraan oleh Sultan Mahmud Syah. Dalam pertemuan ini, ternyata sang Sultan bermohon agar Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari menjadi Mufti di Kerajaan Indera Giri.

Bersambung ke bagian 4

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner