BERITA SORE: Senin 10/1/2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 10 Januari 2022

BERITA SORE: Senin 10/1/2022

 

Pekerja Ditarget 50 Hari Kerja Selesaikan Lanjutan Pembangunan Jembatan HKSN Banjarmasin



BERITABANJARMASIN.COM - Penyelesaian Jembatan HKSN, Banjarmasin Utara ditarget 50 hari kerja sejak pembebasan lahan dilakukan.

Pelaksana lapangan pembangunan lanjutan Jembatan HKSN, Arjuna Sulityo memaparkan lahan yang baru dibebaskan tersebut tidak serta merta langsung dibangun jembatan.

Namun harus melakukan proses tahapan pembangunan, agar pondasi pembangunan jembatan bisa kuat dan kokoh.

"Karena lahan masih rawan maka kita akan melakukan pengerukan tanah terlebih dahulu," ujarnya, Minggu (9/1/2022).

Kemudian akan dilakukan pemancangan atau precast spun pile sekitar 40 titik di area tersebut dan dilanjutkan pembuatan konstruksi guna pengecoran semen untuk lantai dan betonnya.

Sama seperti yang dilakukan pada pembangunan jembatan sebelumnya, kedua sisinya memiliki luas panjang yang sama 27 meter.

"Paling lambat Senin nanti kita uruk tanahnya, sambil nunggu lahan dibersihkan dari material pembongkaran," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya diberi target penyelesaian pembangunan lanjutan jembatan penghubung dua Kecamatan itu, 50 hari kerja sejak pembebasan lahan dilakukan.

Progres pembangunan lanjutan jembatan sendiri sudah mencapai 77 persen, yang diharapkan bisa diselesaikan sesuai target. (arum/maya)

Kakanwil Kemenag Kalsel: Keberangkatan Jemaah Umrah Gunakan Sistem Satu Pintu



BERITABANJARMASIN.COM - Berdasarkan kebijakan Kemenag RI, keberangkatan jemaah umrah Indonesia termasuk Kalsel di masa pandemi mengacu kebijakan umrah satu pintu melalui Bandara Soekarno Hatta. 

Sebelum jemaah umrah menuju Bandara Soekarno Hatta, terlebih dulu dilakukan screening kesehatan di Asrama Haji Jakarta, yang merupakan lokasi titik awal keberangkatan. 

"Jadi kita tempat screening di Pondok Gede Jakarta, meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan vaksinasi Covid-19 serta meningitis dan pemeriksaan swab PCR," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Tambrin, Senin (10/1/2022). 

Selanjutnya, jemaah Indonesia akan dikarantina terlebih dahulu selama lima hari pada saat mendarat di Jeddah sesuai peraturan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi. 

Ia mengatakan pada saat kepulangan dari Arab Saudi, jemaah Indonesia kembali dikarantina selama dua hari dan swab PCR serta sudah vaksin dua dosis. 

Nantinya setelah satu dan dua ujicoba akan dikembalikan pada penyelenggara perjalanan ibadah umrah masing-masing. 

Kemudian jika pada proses keberangkatan jemaah umrah Indonesia sukses terukur sesuai dan tidak ada masalah terkait hasil swab PCR, akan menumbuhkan kepercayaan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia. 

Sehingga besar kemungkinannya permohonan Pemprov Kalsel kepada Direktorat Bina Umrah dan Haji Kemenag RI, pada saat rapat di Jakarta mengenai keberangkatan jemaah asal Kalsel melalui Embarkasi Syamsudin Noor bisa disetujui. "Semoga Embarkasi Syamsudin Noor mendapatkan kepercayaan," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui keberangkatan jemaah umrah pertama sudah dilakukan 8 Januari 2022 yang dilepas langsung Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh RI. 

Hingga saat ini jemaah umrah asal Kalsel masih belum ada yang diberangkatkan. (fitri/sip)

POLITIK: Klaim Elektabilitas Partai Di Urutan Pertama, PDIP Kalsel Incar Kursi Ketua DPRD



BERITABANJARMASIN.COM - PDI Perjuangan Kalsel mengincar kursi Ketua DPRD Kalsel dalam pemilu legislatif 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan Wakabid Kaderisasi dan Ideologi, Mardian Susanto saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDIP Kalsel, Senin (10/1/2022).

"Target di 2024 menjadi partai pemenang. Paling tidak mendapatkan posisi ketua DPRD," ujarnya. 

Ia mengatakan sesuai instruksi DPP Pusat, semua daerah sudah diberi target. Termasuk PDIP Kalsel yang tidak kekurangan kader untuk menjadi pemimpin di daerah masing-masing kab/kota dan provinsi.

Namun siapa saja bakal figur yang akan maju dalam Pemilu 2024 mendatang, ia berujar masih belum ada penunjukan dan keputusan dari DPP PDIP. "Kami belum ada mengeluarkan nama figur itu, tunggu instruksi DPP PDIP," ucapnya.

Target ini tak muluk-muluk, karena berdasarkan hasil survei nasional menyatakan secara elektabilitas partai, PDIP berada di urutan pertama. Tentu ini menjadi tantangan besar bagi PDIP Kalsel yang selalu berada di posisi kedua.

"Hasil nasional ini harus menjadi pemicu, kenapa PDIP Kalsel masih nomor dua dan harus menjadi nomor satu, kita berjuang," terangnya.

Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya akan merapatkan barisan dan mengajak kader khususnya kader muda untuk kerja keras, kerja aktif dan betul-betul terukur serta menjaga nama baik partai.

Selain itu, menurutnya para kader juga harus berani keluar dari zona nyaman dan tampil untuk merebut simpati masyarakat dengan program-program yang telah dicanangkan PDIP Kalsel yang berkaitan dengan masyarakat.

"Kita berjuang bersama, sehingga 2024 sama- sama mempertahankan kemenangan PDIP," tutupnya. (maya/sip)

FEATURE: Semangat Ibu Muniroh, Dua Tahun Vakum Karena Pandemi, Bangkit Lagi Jualan Makanan Arab



Arabian Food Festival di kawasan Antasan Kecil Barat (AKB), Banjarmasin Tengah, menjadi berkah tersendiri bagi Muniroh. Ibu yang satu ini bersyukur dan sangat senang bisa berjualan kembali setelah pandemi seolah "membekukan" usaha kulinernya.

Rumseh, BANJARMASIN | BERITABANJARMASIN.com.

Setelah dua tahun lamanya dirinya tidak bisa berjualan secara offline akibat pandemi Covid-19 di Banjarmasin, akhirnya ia bisa menjual berbagai makanan khas timur tengah itu.

Seperti bubur arab, lempeng arab, kari kambing, roti mariam, sambosa dan kebab. Dibandrol dari harga sepuluh hingga 25 ribu rupiah per porsi. Wanita 54 tahun ini mengaku antusias saat jualannya bisa dipajang di salah satu stan untuk dijual.

Ia bahkan telah mempersiapkannya sejak dini hari untuk memenuhi semua bahan keperluan memasaknya. "Alhamdulillah saya bisa kembali berjualan, saya sudah menunggu lama hari ini," tuturnya, saat ditemui jurnlis beritabanjarmasin.com, Minggu (9/1/2022).

Sebelumnya ia menceritakan selama dua tahun vakum, usaha yang baru dirintisnya sejak 2019 lalu itu hanya bisa dijual secara online. Menu makanannya pun cuma masakan kambing untuk acara aqiqah dan tidak rutin setiap hari ada pelanggan yan memesan. "Sesuai pesanan saja, karena tidak berani jual banyak saat itu," tuturnya.

Baginya dengan dibukanya kembali arabian food festival di Banjarmasin yang digelar satu minggu sekali itu menjadi berkah tersendiri bagi dirinya dan keluarganya.

Ia pun berharap tidak ada lagi kasus Covid-19 di kota seribu sungai, agar pasar makanan arab yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina tersebut bisa terus eksis dan membuka kembali geliat perekonomian khususnya UMKM. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner