BERITA SORE: Kamis 20/1/2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 20 Januari 2022

BERITA SORE: Kamis 20/1/2022

 

Minyak Goreng Hanya Rp14 Ribu Per Liter, Disdag Kalsel Imbau Masyarakat Tak Panic Buying



BERITABANJARMASIN.COM - Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi pada Selasa, mengumumkan pemerintah melakukan subsidi minyak goreng dengan harga di pasaran hanya Rp14.000 dimulai dari pasar ritel modern. 

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel sudah melakukan kunjungan ke beberapa ritel modern yang ada di Kota Banjarmasin, beberapa waktu lalu dan semuanya sudah dilaksanakan dengan baik. 

"Alhamdulillah di Kalsel sudah dilaksanakan dengan baik dan para pengunjung pembeli cukup antusias," kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, Kamis (20/1/2022). 

Dalam kunjungannya ia melihat beberapa masyarakat tampak terlihat takut kebijakan ini hanya berlaku sementara. Namun ia memastikan kebijakan harga minyak goreng yang saat ini hanya Rp14.000 tidak berlaku sesaat melainkan seterusnya. Ia meminta kepada masyarakat agar membeli secukupnya. "Jangan banyak-banyak beli secukupnya aja," ucapnya. 

Birhasani mengatakan meski saat ini harga minyak goreng dengan harga Rp14.000 baru diterapkan di ritel modern. Namun berdasarkan apa yang disampaikan Menteri Pedagangan dalam siaran persnya bahwa harga tersebut juga dalam waktu dua minggu sampai setengah bulan kedepan akan diberlakukan di pasar-pasar tradisonal. "Mudahan satu minggu atau setengah bulan kedepan saja insya allah harganya  sama," pungkasnya. (fitri/sip)


Anak Usia 6-11 Divaksin, Kadinkes Banjarmasin: Siap Bertanggung Jawab!



BERITABANJARMASIN.COM - Ada enam SD melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Banjarmasin hari ini (20/1/2022). Meski begitu, masih ada pro dan kontra di kalangan orang tua. Dinkes Banjarmasin menyatakan bertanggung jawab apabila ada efek dari vaksin kepada anak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menerangkan pihaknya telah membuat surat edaran terkait pelaksanaan vaksinasi anak. Melalui SE tersebut sekolah bisa melakukan vaksinasi anak dengan berkoordinasi langsung ke puskesmas di wilayahnya.

"Kami tadi telah berkunjung ke beberapa sekolah dan tidak semua sekolah melakukan vaksinasi bersamaan," bebernya.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut juga harus ada persetujuan dari orang tua murid, hingga mendampingi anak untuk divaksin. Totok juga menegaskan bahwa tidak ada paksaan bagi orang tua murid melakukan vaksinasi tersebut. 

Namun jika masih ada keraguan atau bahkan ada orang tua tidak setuju maka pihak sekolah akan melakukan pendekatan secara persuasif. "Kami akan berikan edukasi dan pemahaman penting anak bervaksin," lanjutnya.

Adapun enam SD yang melakukan vaksinasi anak hari ini yakni SD Sabilal Muhtadin dengan vaksin tersedia hanya 160 dosis, SDN Kebun Bunga 1, SDN Sungai Jingah 7, SD Kanaan, SDN Pengambangan 5 dengan jatah 50 pelajar dan SDN Mawaddah 10 pelajar.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan sesuai SE Dirjen P2P Kemenkes RI tertanggal 13 Januari 2022, vaksinasi anak akan dilakukan di kabupaten/kota.

Untuk itu pihaknya melakukan vaksinasi anak secara bertahap. Bahkan menurutnya Pemkot Banjarmasin siap menanggung jika terjadi efek yang akan dialami anak setelah bervaksin. "Kami siap bertanggung jawab, untuk meyakinkan para orang tua," cetusnya.

Untuk stok vaksin anak sendiri ujarnya lagi saat ini ada empat ribu dosis jenis sinovac yang tersebar di 26 puskesmas. (arum/sip)


Revitalisasi Pasar Batuah Diprotes, Ichrom: Pemkot Tak Bisa Beri Ganti Rugi Untuk Lahan Milik Pemkot



BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom M Tezar mengatakan pemkot tak bisa memberikan ganti rugi atas lahan milik pemkot sendiri.

Ia menilai Pasar Batuah, Kelurahan Kuripan sangat perlu direvitalisasi guna menunjang pelayanan jual beli yang lebih baik.

Hal ini disampaikannya usai rapat dengan warga Pasar Batuah dan instansi terkait lainnya di DPRD Kota Banjarmasin Rabu (19/1/2022).

Tezar menjelaskan secara aturan pemkot tidak bisa menganggarkan ganti rugi atas lahan milik pemerintah kota sendiri yang ditempati warga. 

"Ini sudah jelas secara aturan dan memang lahan Pasar Batuah yang digunakan warga hanya bersertifikat hak pakai," jelasnya.

Meskipun begitu lanjutnya pihak Pemerintah Kota Banjarmasin tidak serta merta tutup mata atas nasib warga yang puluhan tahun telah bermukim disana.

Pemerintah kota terangnya akan mencarikan solusi terbaik dan mendiskusikannya di lingkup Pemkot Banjarmasin dan hasilnya akan disampaikan pada pertemuan berikutnya dengan warga Pasar Batuah.

Dirinya mengatakan revitalisasi ini bertujuan agar Pasar Batuah menjadi pasar yang bersih dan sehat. "Dan mungkin kita jadikan percontohan bagi pasar-pasar lain yang ada," ucapnya.

Meski begitu, Tezar tidak menyebut pasar yang ada tidak bersih dan sehat namun menurutnya usia pasar yang ada sudah terbilang cukup lama.

Aggaran untuk revitalisasi Pasar Batuah ini berasal dari APBN senilai Rp3,5 miliar dan nantinya dibantu dengan pendampingan dari APBD Kota Banjarmasin. "Sementara ini dari APBD murni sebesar Rp1,5 miliar," ungkapnya. (maya/sip)


Pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Banjarmasin Diprediksi Tembus Rp175 Miliar



BERITABANJARMASIN.COM - Pemkot Banjarmasin rencanakan pembangunan jembatan penghubung antara Jalan Pramuka ke Sungai Gampa yang akan dilaksanakan di 2023.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra memaparkan pembangunan mega proyek jembatan tersebut memiliki bentang utama sepanjang 120 meter, menyesuaikan bentang sungai sepanjang 100 meter. "Perencanaannya 20 meter untuk bentang utama badan jembatan," bebernya, Kamis (20/1/2022).

Pembangunan yang akan menggunakan sistem multiyears APBD hingga 2024 itu, diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp175 miliar. Chandra mengatakan sebelumnya pihaknya akan melakukan pembebasan lahan pembangunan oprit jembatan sepanjang 50 × 80 meter.

Saat ini tengah dibentuk tim appraisal untuk pembebasan lahan dengan anggaran sekitar Rp35 miliar. Untuk kawasan oprit jembatan Jalan Pramuka dan di Sungai Gampa. "Setelah ditunjuk nanti kami akan mengadakan sosialisasi sebelum dilakukan pembebasan lahan," jelas ia.

Tak hanya pembangunan jembatan yang akan menghubungkan dua kawasan tersebut, pihaknya juga akan melakukan pembangunan jalan sepanjang 3,8 kilometer. "Pembebasan lahan untuk jalannya sendiri sekitar Rp50 miliar," imbuhnya.

Ia menambahkan pembangunan mega proyek yang menelan anggaran hingga ratusan miliar tersebut telah dikoordinasikan ke pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalsel. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner