Antisipasi Penyebaran Varian Omicron, Wali Kota Banjarmasin Minta Pintu Masuk Kalsel Diperketat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 17 Januari 2022

Antisipasi Penyebaran Varian Omicron, Wali Kota Banjarmasin Minta Pintu Masuk Kalsel Diperketat

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta pintu masuk dan keluar jalur penerbangan maupun laut untuk diperketat di Kalsel.

Hal itu sebagai antisipasi agar varian baru Covid-19, Omicron dapat terdeteksi dengan cepat, tidak menimbulkan klaster baru dan penyebarannya bisa dicegah.

"Perlu siap siaga untuk mencegah penyebaran dan penularan varian baru di Banjarmasin," tegasnya, Senin (17/1/2022).

Ia pun berkaca dari kasus sebelumnya, varian Delta yang penularannya begitu cepat dan cukup signifikan berasal dari luar. Untuk itu, penjagaan di pintu masuk harus benar - benar diawasi. Jika tidak bersiap siaga di pintu masuk tersebut maka menurutnya akan mudah masuk kasus baru.

"Kita Insya Allah tetap menjaga apalagi yang datang dari luar, dengan terus tegakkan prokes," kata ia.

Selain itu, penjagaan juga harus dilakukan agar tidak ada yang menyalahgunakan hasil tes. Misalnya memalsukan hasil tes antigen sehingga bisa lolos. "Meski saat ini belum ditemukan varian baru itu di Banjarmasin, kita tetap waspada," tegasnya.

Lantas bagaimana dengan penyelenggaraan konser musik dengan mendatangkan artis langsung dari luar daerah?

Ia menekankan penyelenggaraan event masih dibatasi dengan protokol secara ketat, dalam pencegahan timbulnya kerumunan orang banyak. Namun untuk konser musik besar masih belum diperbolehkan.

Sesuai keputusan Presiden RI pada 31 Desember 2021 lalu, bahwa di 2022 Indonesia masih berada dalam suasana pandemi. "Artinya masih ada penyesuaian level di masing - masing daerah," imbuhnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner