Ada Sejak 1920, Ternyata Tak Ada Singkatan Khusus Untuk Plat DA Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 14 Januari 2022

Ada Sejak 1920, Ternyata Tak Ada Singkatan Khusus Untuk Plat DA Kalsel

 


Plat nomor kebdaraan muncul saat transisi dari kendaraan berkuda dan bermotor sekitar 1890-1910 di Hindia Belanda. Pada kurun waktu tersebut, mulai berdatangan kendaraan yang dimiliki orang-orang Belanda dan kaum ningrat/bangsawan

Untuk memudahkan pendataan, pemerintah kolonial menerapkan semacam "Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)" atau "kentekens". Menggunakan kode wilayah berdasarkan karesidenan

Pemakaian kode plat DA mulai ada di Kalimantan sejak tahun 1920. Kemudian, terdapat dua kode plat nomor di Kalimantan yakni kode BR untuk Kalimantan Barat. Kemudian DA untuk Kalimantan bagian Selatan & Timur.

Sejak tahun 1920, produsen kendaraan bermotor di Hindia Belanda yang dipasarkan ke Borneo umumnya adalah pabrikan Ford. Walaupun demikian pabrikan lain juga tetap ada namun jumlahnya sedikit seperti merek Benz.

Apakah DA itu singkatan? jawabnya adalah tidak. Hanya merupakan kode letter semata berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan pemerintah Hindia Belanda. DA itu bukan singkatan “Dayak Asli”, “Daerah Air” atau "District Amandit".

Dalam sumber buku Handboek voor automobilisten en motorwielrijders, Deel I, yang dirilis Java Motor Club, tahun 1920, tidak ada pernyataan DA itu adalah singkatan.

Sementara itu, untuk nomor plat kendaraan bermotor dengan kode KT (Kalimantan Timur), KH (Kalimantan Tengah), KB (Kalimantan Barat), baru muncul setelah pembagian provinsi secara administratif setelah masa kemerdekaan.

DA tetap dipertahankan setelah masa kemerdekaan, di Kalimantan Selatan, walaupun secara administratif sudah menjadi provinsi tersendiri sejak 14 Agustus 1950. Sementara Kalimantan Timur dan Kaliman-tan Barat pada tanggal 1 Januari 1957. Selanjutnya, Kalimantan Tengah 23 Mei 1957 serta Kalimantan Utara pada 22 April 2013.

Sumber Instagram @sejarah.banjar

https://www.instagram.com/p/B5cb-wIgji8/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner