Sejarah Sepakbola di Kota Banjarmasin, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 18 Desember 2021

Sejarah Sepakbola di Kota Banjarmasin, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

 

Sumber foto : bpost

Sepakbola mulai dikenal di Banjarmasin melalui olahraga sepakraga. Sepakraga ini dimainkan orang orang Belanda seperti Residen Zuider en Oosterafdeeling van Borneo, J. van Weert bersama rekannya Mayor (Majoor) J.F. Schilham, Komandan Garnizon Batalion (militaire commandanten) pada tahun 1908. Mereka awalnya hanya bermain di belakang rumah kediaman residen atau rumah jabatan Gubernur Kalimantan Selatan sekarang.

Sejak itu, mulailah masyarakat Hindia Belanda, terutama di Banjarmasin bersepakraga dan mengembangkannya menjadi sepakbola. Waktu itu popular dengan sebutan main bola. Pada tahun 1910 Pemerintah Hindia Belanda membangun Swarpark atau lapangan yang digunakan serdadu Belanda untuk latihan baris-berbaris (Mesjid Sabilal Muhtadin).

Beberapa tahun kemudian lapangan tersebut mulai digunakan untuk bermain bola oleh orang-orang Belanda, baik pegawai negeri, maupun pedagang. Walaupun tanpa gawang dan bilangan pemainnya masih minim. Menurut M. Hatta, Bond persepakbolaan yang pertama berdiri di Banjarmasin bernama Bandjarmasinche Voetbal Bond atau B.V.B pada tahun 1922.

Sesuai situasi dan kondisi pada waktu itu, keberadaan B.V.B sesuai iklim dengan masa penjajahan. Oleh karena itu, tidak heran jika perkumpulan sepakbola ini dikuasai hanya masyarakat Belanda dari tahun ke tahun. Sejak awal dekade tahun 1900an, orang-orang Belanda menghimpun diri dalam klub-klub kecil.

Klub-klub kecil itu dihimpun dalam klub-klub besar yakni perserikatan (bond). Bersamaan datangnya balatentara Jepang tahun 1942, dominasi B.V.B pun berakhir. Kesempatan ini kemudian digunakan pemuda-pemuda penggemar sepakbola kota Banjarmasin untuk bertindak secepatnya. Perseban/Peseban (Persatuan Sepakbola Indonesia Banjarmasin) pun dibentuk.

Sumber: Sepakbola Tempo Dulu di Banjarmasin; M. Hatta

Dari instagram @sejarahkalsel.id

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/Bs-rGUNAK57/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner