Sejarah Pertempuran Bungkukan, Perjuangan Rakyat Kotabaru Melawan Belanda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 18 Desember 2021

Sejarah Pertempuran Bungkukan, Perjuangan Rakyat Kotabaru Melawan Belanda

 

Sumber foto: @museum_wasaka

Desa Bungkukan salah satu daerah awal gerakan revolusi yang digerakkan oleh Hassan Basry dan H. Damanhuri, beliau masuk ke desa Bungkukan menyusuri jalan setapak dari daerah Hulu Sungai menempuh perjalanan sekitar tiga sampai empat hari dengan jalan kaki.

Hassan Basry dan H. Damanhuri pertama kali datang ke Bungkukan untuk menghimpun para pemuda-pemuda pemberani yang berada di Bungkukan, pertama kali tiba di Bungkukan beliau berdua menginap di rumah salah seorang warga penyadap aren (pembuat gula aren) yang mempunyai anak laki-laki bernama Basyir, namun ke esokan harinya datanglah sekelompok pemuda pemberani kerumah Basyir tersebut sambil berteriak-teriak mau membunuh Basyir. Pada saat itulah Hassan Basry dan H. Damanhuri menasehati para pemuda tersebut yang akhirnya menjadi anak buah beliau untuk membunuh para polisi perintis Belanda di desa Bungkukan.

Pertempuran ini dipimpin langsung oleh Hassan Basry dengan diikuti pejuang lainnya melawan pasukan pemerintah kolonial Belanda yang terjadi di desa Bungkukan, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan pada 13 November 1948.

Sumber: H. Hassan Basry, Kisah Gerilya Kalimantan

Dari instagram @sejarahkalsel.id

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CHg0D3hgpjc/?utm_source=ig_web_copy_link

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner