Ketika Para Pelajar Kalsel Ikut Mempertaruhkan Nyawa Demi Kemerdekaan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 09 Desember 2021

Ketika Para Pelajar Kalsel Ikut Mempertaruhkan Nyawa Demi Kemerdekaan

 

Tentara Pelajar Kalsel, Sumber foto instagram @sejarahkalsel.id

Brigade/Tentara Pelajar Kalsel terbentuk 1949, dan merupakan hasil penggabungan dari beberapa organisasi-organisasi pemuda pelajar yang terdapat di Kalimantan Selatan, yaitu:
a. Ex AKSI BN-10 ALRI DIVISI IV Marabahan
b. Ex T. P. ALRI DIVISI IV Banjarmasin
c. Ex Batalyon Melati terdiri dari beberapa orang TRIP Jawa Timur

Tentara pelajar dibentuk dengan tujuan untuk lebih mempermudah dalam membina, mengarahkan dan mempersatukan para pemuda pelajar Kalimantan Selatan dalam melakukan perjuangan.

Aktivitas pemuda pelajar Kalimantan Selatan ikut dalam menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sangat beragam, banyak dari mereka yang ditugaskan untuk mengantar surat-surat rahasia, makanan dan pakaian serta mengirimkan sandi-sandi baru apabila terjadi pergantian sandi dalam perjuangan.

Tugas ini memerlukan pengorbanan yang sangat besar, selain mereka dengan rela meninggalkan bangku sekolah dan nyawa keluarga mereka juga terancam.

Namun karena pelajar ini umumnya masih sangat muda sehingga kecurigaan musuh tidak terlalu besar.

Selain itu para pelajar yang turut terjun langsung dalam perang gerilya ikut para pejuang di daerah pedalaman dalam melakukan penyerangan terhadap musuh.

Sumber:
Wiwi Hasanah. 1999. Aktivitas Pemuda Pelajar Kalimantan Selatan Dalam Perjuangan Menegakkan dan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia (1945 - 1949). Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Banjarmasin

Dari instagram @sejarahkalsel.id

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CQ2fOSFgs6M/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner