Asal usul Penamaan Kayutangi, Sudah Ada Sejak Zaman Kesultanan Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 15 Desember 2021

Asal usul Penamaan Kayutangi, Sudah Ada Sejak Zaman Kesultanan Banjar

 

Sumber foto : Hallobanua.com

Penamaan Kayutangi sekarang (yang kemudian berganti nama menjadi jl. Brigjend H. Hassan Basry disinyalir mulai ada sejak era Pelita I tahun 1968-1973. Tepatnya sejak tahun 1970 pembangunan pemukiman dan seiring dengan itu jalan-jalan diperlebar dan diperpanjang arah ke Barito Kuala.

Mulai ada penamaan jalan Kayu Tangi yang pada area kiri dan kanannya dibangun pemukiman Kayu tangi I dan II sebagai realisasi dari proyek perumahan rakyat. Gedung-gedung juga dibangun pada jalan ini seperti gedung Universitas Lambung Mangkurat, Rumah Sakit Jiwa dan SPSA.

Untuk nama kayutangi sebenarnya jauh lama sejak abad ke 17, sejak Sultan Mustainbillah menjadi Sultan Banjar, jaraknya diperkirakan 80 mil dari Sungai Banjar (Sungai Barito). Lokasi Kayutangi kalau di masa Kesultanan di sebelah barat Martapura. 

Akibat konflik dengan VOC tahun 1612 yang membumi hanguskan Keraton di Kuin, Sultan Mustainbillah terpaksa menyingkir dan memindahkan pusat pemerintahan ke Martapura, tepatnya di Kayu Tangi. Alasannya tanahnya bertuah, tempatnya jauh di pedalaman, sehingga orang asing sulit untuk menyerang

Sungai Martapura sebelumnya namanya adalah Sungai Kayutangi (Kajoe Tangi). Menurut (alm) Yusliani Noor penamaan kayutangi ini karena di sekitar sungai di lokasi Kayutangi dahulu banyak terdapat kayu yang nama kayunya adalah tangi.

Karena itu sesuai dengan kebiasaan urang Banjar bahari menamakan tempat dengan vegetasi alam di sekitar sungai itu, sehingga dinamakan wilayah Kayutangi. Sebenarnya ejaan awal/penulisannya adalah Kayu Tangi.   
   
Untuk penamaan wilayah Kayutangi sekarang (Jl Brigjend H Hasan Basry) ada dua versi yakni sejak dulu di wilayah ini banyak terdapat kayu bernama tangi. Kemudian versi kedua penamaan setelah era pembangunan Pelita I tahun 1968-1973.


Sumber foto: https://www.skyscrapercity.com/; Wikipedia

Dari Instagram @sejarah.banjar

Sumber artikel asli : https://www.instagram.com/p/CR1LpVbgCZF/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner