Aberani Sulaiman: Pejuang Gerilya Pada Masa Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan, 1945-1949 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 13 Desember 2021

Aberani Sulaiman: Pejuang Gerilya Pada Masa Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan, 1945-1949

 

Lahir di Rangas Birayang, 3 Agustus 1925. Kiprahnya dalam perjuangan bersenjata dimulai ketika bersama Abdul Rahman Karim dan Anwarudin membentuk Gerpindom (Gerakan  Pemuda Indonesia Merdeka) di Birayang pada tanggal 10 Oktober 1945.

Bulan Mei 1947 bertepatan dengan 17 Ramadhan, Aberani Sulaiman bersama pejuang lainnya untuk pertama kalinya menyerang pasukan Belanda di Hambawang Pulasan, Batu Mandi.

Setelah peristiwa Hambawang Pulasan, ia dan pasukannya memimpin perjalanan menuju Kalimantan Tenggara-Kotabaru menembus pegunungan Meratus dengan tugas antara lain mencari senjata dan penghubung.

Setelah peristiwa Hambawang Pulasan, ia dan pasukannya memimpin perjalanan menuju Kalimantan Tenggara-Kotabaru menembus pegunungan Meratus dengan tugas antara lain mencari senjata dan penghubung.

Dalam perjalanan ke Kotabaru itulah Aberani Sulaiman bertemu dengan Hassan Basry yang berniat hendak menyeberang ke Jawa, namun kemudian membatalkan rencananya dan menyatakan bergabung dengan Gerpindom. Perkembangan selanjutnya, Gerpindom dilebur ke dalam ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dengan  Hassan Basry sebagai Pimpinan Umum (PU) dan Aberani Sulaiman sebagai Wakil PU/Kepala Staf.

Ia adalah salah seorang anggota perumus teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi Pertahanan Kalimantan 17 Mei 1949 yang ditandatangani oleh Hassan Basry,  dan sekaligus sebagai Wakil Gubernur/Kepala Staf  pada Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI yang dipimpin oleh Hassan Basry sebagai Gubernur Tentara/Panglima Divisi. Selain tokoh pejuang gerilya, ia dikenal sebagai Gubernur Kalimantan Selatan periode 1963-1968.

Sumber instagram @sejarahkalsel.id

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner