H. M. Arip, Putra Bakumpai Penggerak Semangat Nasionalisme Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 13 Desember 2021

H. M. Arip, Putra Bakumpai Penggerak Semangat Nasionalisme Kalsel

 

H. M. Arip atau H. Matarip (H. Muhammad Arip) adalah seorang putera Bakumpai (kini Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan).

H. M. Arip mempunyai peran yang sangat besar dalam menanamkan semangat nasionalisme di Zuider Afdeeling van Borneo (Kalimantan Selatan). Profesi kesehariannya adalah pedagang yang pulang pergi Banjarmasin-Surabaya.

karena profesi itulah ia memperoleh banyak pengalaman, pengetahuan dan hubungan dengan dunia luar, melakukan kontak-kontak dengan tokoh-tokoh pergerakan di tanah Jawa dan melihat kemajuan pergerakan di daerah lain, sehingga ketika kembali ke kampung halaman turut menjadi pelopor atau penggerak organisasi pergerakan di Marabahan.

Atas saran Vorzitter Central Sarekat Islam, H. O. S Cokroaminoto, H. M. Arip mendirikan cabang Sarekat Islam (SI) Kalimantan, bersama rekan-rekannya seperti Sosrokardono, mereka mendirikan SI di Banjarmasin dan beberapa kota di Kalimantan Selatan. 

Pada tahun 1914 Sarekat Islam berdiri di Banjarmasin dan mendapat pengakuan badan hukum (rechtspersoon) dengan besluit Gubernur Jenderal Nomor 33 tanggal 30 September 1914.

Sumber: 1. Wajidi, Nasionalisme Indonesia di Kalimantan Selatan 1901-1942

Dari instagram @sejarahkalsel.id

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner