Sejarah Pasar Sudi Mampir, “Tanah Abang” Nya Urang Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 26 November 2021

Sejarah Pasar Sudi Mampir, “Tanah Abang” Nya Urang Banjar

 

Foto : Antaranews

Pasar Sudimampir berdasarkan sumber- sumber tertulis Hindia Belanda, diperkirakan dibangun tahun 1920-an. Pembangunan Pasar Sudimampir mulai digagas Ir. Kartens tahun 1937. Pembangunan dilaksanakan bertahap hingga 3 sampai 5 tahun dan resalisasinya hingga tahun 1942.

Pada masa Kartens mulai digagas dan dibangunlah pasar baru untuk menjual sayur dan ikan di tepi sungai Martapura. Letaknya pada persimpangan tiga jalan yang disebut Pasar Sudimampir.
Pada bagian depan pasar ini, baik pihak Gemeente (Pemerintah Kota Besar) Banjarmasin, maupun Perusahaan Borsumij mendirikan toko toko beton bertingkat. Kemudian didirikan dua buah bioskop di kawasan Sudimampir yakni Eendracht dan Corrie.

Jalan jalan di muka Pasar Sudimampir diperluas dan didirikan lagi toko toko baru. Khusus Borsumij adalah sebuah perusahaan dagang Belanda yang didirikan oleh J.W. Schlimmer dan berkantor pusat di Den Haag. NV Borsumij yang membuka kantor cabang di seluruh kota di Hindia Belanda. Borneo-Sumatera Handel Mij (Borsumij) menguasai berbagai macam perdagangan dan memberikan kredit terhadap pedagang-pedagang yang dianggap mampu membayarnya. Semua barang impor daerah Kalimantan dengan pengecualian Kalimantan Barat, diperdagangkan oleh Borsumij.

Pasar Sudimampir kemudian menjadi pusat pasar baru ini.Kemudian terdapat tempat memarkir taksi (mangkal) di bagian tengah Pasar Sudimampir. Jalan di sekitar Pasar Sudimampir disebut Soedi Mampir Weg.

Sumber: Banjarmasih; Idwar Saleh
Foto: KITLV Leiden
Penulis: Mansyur, S. Pd, M. Hum

dari Instagram @sejarahkalsel.id

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner