Implementasikan Program SDI di Kalsel, Bappeda Kalsel Gelar Rakor Bersama Kabupaten/Kota | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 26 November 2021

Implementasikan Program SDI di Kalsel, Bappeda Kalsel Gelar Rakor Bersama Kabupaten/Kota

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka mewujudkan program satu data Indonesia (SDI) sebagai sistem dasar dalam sebuah pembangunan maka dibutuhkan data yang baik untuk mencapai hasil yang baik dan maksimal. 

“Ketepatan dan keakuratan data merupakan salah satu bentuk pelayanan dasar Pemerintah kepada masyarakat berdasarkan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia," kata Plt Sekretaris Bappeda Kalsel, Rahmiyanti dalam Rakor SDI, Jumat (26/11/2021). 

Tujuan rakor sendiri untuk mengetahui pemetaan sampai sejauh mana kegiatan tentang SDI yang dilaksanakan di provinsi maupun kabupaten/kota di Kalsel.  

Sehingga, diharapkan dari rakor tersebut pihaknya mendapatkan informasi mengenai implementasi SDI di Kabupaten/ Kota dalam pengembangan pembangunan. 

Selain itu, Bappeda sendiri tugasnya sebagai pembina dalam satu data."Karena kami adalah lembaga perencanaan yang bertugas merumuskan perencanaan pembangunan daerah," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Kalsel, Syarifah Norhani menambahkan peran Diskominfo sendiri dalam SDI sebagai wali data daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintah daerah bidang statistik melalui program penyelenggaraan statistik sektoral. 

Untuk itu perlu adanya output yang konkrit terkait pelaksanaan sistem satu data di daerah. Diskominfo tentunya tidak akan mampu melakukan pengumpulan data secara komprehensif tanpa adanya supply data yang akurat dari dinas tekhnis. 

Sehingga diperlukan standar data yang sesuai dengan pemanfaatannya dan memenuhi kebutuhan instansi guna mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta sebagai media informasi kepada masyarakat. 

Oleh karena itu, tata kelola data yang baik melalui program Satu Data Banua (SDB) ini akan menjadi sarana untuk menampilkan tren data sektoral yang bisa ditampilkan bagi masyarakat. Terlebih lagi terkait kualitas pembangunan daerah. 

"Jadi perlu adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh SKPD terkait ketersediaan data statistik sektoral," tutupnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner