Rabu Seru Tinjau UMKM, Walikota Ingin Fasum Jadi Wisata Daur Ulang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 09 September 2021

Rabu Seru Tinjau UMKM, Walikota Ingin Fasum Jadi Wisata Daur Ulang


BERITABANJARMASIN.COM - Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah melaksanakan program Rabu Seru yang rutin dilaksanakan untuk memasarkan sekaligus silaturahim kepada UMKM di Kota Banjarmasin.

Kali ini mengunjungi Aulia Sasirangan Banjarmasin (ASB) yakni pengrajin sasirangan yang memberdayakan masyarakat sekitar komplek untuk produksinya, bertempat di Jalan Cengkeh 2, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu 8/09/2021.

H Ibnu Sina mengapresiasi karya sasirangan yang diproduksi oleh Aulia Sasirangan yang merupakan UMKM berkualitas ditambah lagi dengan melibatkan warga disekitar dalam produksinya, tentunya hal ini sangat membantu perekonomian warga sekitar pada masa PPKM.

"Bahkan Aulia Sasirangan ini memberdayakan Ibu -ibu sekitar untuk membuat kain sasirangan dari melukis, menjerujut, pewarnaan sampai membuka benang semua hal itu ibu-ibu yang mengerjakan dan dibayar, sehingga tidak menyurutkan kreativitas ibu-ibu di masa pandemi," ucap H. Ibnu Sina.

Ia menjelaskan terkait limbah dari pembuangan sasirangan tersebut pihak dari Aulia Sasirangan Banjarmasin telah mempersiapkannya yakni dengan melibatkan para Unit Reaksi Cepat (URC) untuk selalu tanggap dalam membersihkan limbah agar lingkungan tersebut tidak tercemar.

"Karena ini kawan - kawan dari Unit Reaksi Cepat (URC) biasanya mereka selalu membersihkan kawasan ini termasuk nanti rencananya kawasan ini ada fasum yang bisa dimanfaatkan untuk wisata daur ulang kerjasama dengan Bank Sampah Induk Kota Banjarmasin," beber H Ibnu Sina.

Disisi lain, H Ibnu Sina mengungkapkan banyaknya UMKM Pengrajin Kain Sasirangan di Kota Banjarmasin, nantinya akan diajak dalam Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF).

"InsyaAllah inikan binaan Dekranasda Kota Banjarmasin, yang sudah ikut pelatihan, pemberdayaan, permodalan dan Wirausaha baru Kota Banjarmasin jadi sebagiannya yang bagus-bagus kita tampilkan juga di Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5," ungkap H Ibnu Sina.

Adapun rencana digelarnya Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yakni pada awal bulan Oktober mendatang dalam rangka hari jadi Kota Banjarmasin, tentunya dengan melihat grafik Covid-19 di Kota Banjarmasin dan dilaksanakan ditempat yang prokesnya sangat ketat sehingga tidak menimbulkan cluster baru.

"InsyaAllah tahun ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasin, itu diawal bulan Oktober yang akan datang," pungkasnya.
(Advertorial).


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner