PPKM Level 4 Tiga Wilayah di Kalsel Dilanjutkan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 07 September 2021

PPKM Level 4 Tiga Wilayah di Kalsel Dilanjutkan

BERITABANJARMASIN.COM- Perpanjangan PPKM level 4 di sejumlah wilayah di Kalsel dilanjutkan per hari ini. Ada tiga wilayah yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kotabaru.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kalsel, Muslim, Selasa (7/9/2021).

PPKM level 4 sebelumnya menunjukan penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif, namun untuk di tiga wilayah tersebut masih perlu adanya upaya pembatasan kegiatan masyarakat.

"Kita berharap nanti kasus aktif angka kematiannya terkonfirmasinya turun kesembuhannya naik," kata Muslim.

Lebih lanjut, secara nasional Kalsel turun di level tiga, hanya saja masih terdapat beberpa wilayah yang dalam level 4, sehingga penerapan PPKM level 4 dilanjutkan di tiga wilayah tersebut.

Adapun indikator penentu level dilihat dari dua indikator penentu yakni laju transmisi penularan dan kapasitas respon berdasarkan Tracing, Testing, dan Traking.

"Jadi kalo laju transmisi tadi terkait berapa ter konfirmasi, kasus yang dirawat, berapa kesembuhan, dan kematiannya berdasarkan jumlah penduduk," terangnya.

Sementara itu, kata Muslim untuk kapasitas respon untuk tracing minimal 80 persen dari target, jika ditemukan 1p kontak erat paling tidak 8 harus ditemukan atau lebih.

Berikutnya testingnya adalah jumlah yang di terhitung per minggu dan tidak hanya 1 per 1000 penduduk per minggu melainkan lebih dari itu.

"Kalo BOR kita secara keseluruhan di Kalsel berada pada 26 persen tapi sekarang turun dibawah," ujarnya.

Untuk PPKM level 4 kali ini kata Muslim akan meningakatkan tracing, kemudian dalam perawatannya bagi mereka yang ditemukan positif dengan gejala sedang dan seterusnya akan lebih di optimalkan dengan cara isolasi terpusat.

"Supaya angka kematian kita tidak meningkat supaya teratasi betul mereka mereka yang tertinggi dan gejala ringan," pungkasnya.(fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only