Pemkot Banjarmasin Gencarkan Gerakan Balingai | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 25 September 2021

Pemkot Banjarmasin Gencarkan Gerakan Balingai

BERITABANJARMASIN.COM - Upaya dalam pecegahan pengendalian banjir di Banjarmasin, gerakan Banjarmasin peduli sungai (Balingai) digencarkan di lima kecamatan dan 52 kelurahan.

Itu disampaikan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Pihaknya akan terus lakukan pembersihan demi menjaga sungai kecil maupun aliran sungai utama.

"Ini wujud nyata upaya kepedulian kami terhadap sungai," paparnya, Sabtu (25/9/2021) pagi.

Ibnu juga menyampaikan bahwa pemkot melalui Dinas PUPR Kota Banjarmasin akan melanjutkan program normalisasi sungai.

Apalagi pihaknya telah mendapatkan pemenang lelang, sehingga seiring digelarnya puncak bersih - bersih sungai hari ini maka pihaknya juga akan melakukan pengerukan Sungai Veteran.

"Kami terus galakan pembersihan sungai agar tidak terjadi penyumbatan," ucapnya.

Tercatat ada sebanyak 200 sungai beserta anak sungai nya yang perlu mendapatkan perhatian agar bisa terjaga kelestarian dan keasriannya.

Wali Kota dua periode ini menerangkan bahwa tak hanya sungai yang telah aktif namun juga terhadap sungai yang mati akan diupayakan untuk dihidupkan kembali.

Untuk itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga sungai setidaknya tidak membuang sampah ke sungai.

"Apalagi jika ditambah dengan adanya komunitas menjaga kebersihan sungai," harapnya.

Terlebih selama ini dalam menjaga dan merawat sungai telah lama dilakukan pemkot melalui pasukkan turbo yang ada lima tim ditiap - tiap kecamatan.

Ia pun berharap dengan upaya yang telah dilakukan Pemkot bisa mendapatkan dukungan penuh dari berbagai unsur masyarakat. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only