6 RT Menang Lomba Maharagu Sungai | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 20 September 2021

6 RT Menang Lomba Maharagu Sungai


BERITABANJARMASIN.COM - Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan apresiasi kepada 6 Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Banyiur Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang telah memenangkan Lomba Maharagu Sungai tahun 2021.

Diantara keenam RT yang beruntung itu adalah RT 39 dan RT 40 yang telah melakukan babarasih di Sungai Banyiur Dalam dan Sungai Tungku.
Menurut H Ibnu Sina, lomba Maharagu Sungai ini digelar dalam rangka rangkai memeriahkan Harijadi Kota Banjarmasin ke 495.

Makna lain dalam lomba tersebut, jelasnya, ialah menjaga kearifan local, kemudian menjaga budaya Kota Banjarmasin yang sejak dahulu telah memanfaatkan sungai untuk berbagai keperluan kehidupan, sehingga sangat wajar bila saat ini sungai harus diselalu dijaga. 

“Jadi kami berharap dengan keterlibatan masyarakat, maka sungai kita dapat dijaga kebersihannya, bukan hanya sekali atau dua kali, atau bukan hanya karena ada lomba atau tidak lomba, tetapi betul-betul bisa dijaga kebersihannya, sampah mungkin ada dari limbah rumah tangga tapi dibuang pada tempatnya, bukan lagi dibuang ke sungai,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Minggu (19/09).

Peserta dalam lomba Maharagu Sungai ini, terang H Ibnu Sina lagi, jumlahnya sekira 30 kelompok. Dengan banyaknya peserta lomba tersebut, artinya, saat kegiatan berlangsung setidaknya ada 30 titik sungai yang telah dibersihkan warga.

Karenannya, ia berharap, kegiatan babarasih sungai ini harus terus digalakan, sehingga keberadaan semua sungai di Bumi Kayuh Baimbai benar-benar terjaga.

Dalam kegiatan yang dihadiri Plh Sekda Kota Banjarmasin Sugito Said, Kadis LH Kota Banjarmasin Mukhyar dan para pejabat lingkup Pemko Bnajarmasin itu, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada masyarakat, komunitas peduli lingkungan dan seluruh SKPD terkait, yang telah memperhatikan kebersihan sungai. 

“Terimakasih banyak binaan dari Kecamatan, Kelurahan, dari Dinas Lingkungan Hidup, dan juga para komunitas peduli sungai sehingga sungai-sungai kita bisa jadi perhatian, kita rawat, kita jaga, supaya tetap barasih, jadi selamat dan sukses untuk para juara-juaranya,” pungkasnya.(Adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner