Dukung Kemajuan IT di Kalsel, Dewan Kalsel Garap Perda SPBE | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 02 Agustus 2021

Dukung Kemajuan IT di Kalsel, Dewan Kalsel Garap Perda SPBE

 


BERITABANJARMASIN.COM Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kalsel mendukung kemajuan IT di Kalsel dengan menggarap raperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Raperda ini diyakini dapat mengefisiensi birokrasi pelayanan publik di banua.

Untuk menyempurnakan raperda ini Pansus I telah melakukan kujugan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Bumbu dalam upaya memperdalam materi dan menyerap berbagai aspirasi di daerah.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Drs. GT. Yanuar Noor Rifai yang turut mendampingi kunjungan tersebut menyampaikan Raperda ini ditujukan agar menjadi acuan dalam mewujudkan pelaksanaan SPBE yang terpadu di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan birokrasi pemerintah yang integratif, dinamis, transparan, dan inovatif, serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang terpadu, efektif, responsif, dan adaptif. 

Selain itu, raperda ini sebagai tumpuan harapan hingga hari ini (1/8/2021) dalam kemajuan IT yang luar biasa, sehingga terangnya Kalsel harus berlari menjemputnya agar dapat dilaksanakan di Provinsi Kalsel. 

Melalui Raperda ini juga interaksi antar pemerintah dengan pebisnis, pemerintah dengan pemerintah, hingga pemerintah dengan masyarakat dapat terayomi.

Sementara itu, Ketua Pansus I Raperda SPBE Rahcmah Norlias memaparkan nilai indeks SPBE provinsi Kalsel sebesar 3,03 dengan predikat baik. Dimana Kalsel masuk dalam 8 provinsi yang mendapatkan predikat tersebut. 

Adapun Provinsi Sumatera Barat dan Jawa Timur memiliki Nilai Indeks tertinggi yakni 3.10. Ia pun mendorong dan mengajak agar kab/kota mempunyai raperda serupa. "Supaya nilai indeks SPBE di Kalsel dapat meningkat," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only