Tas Purun Motif Mata Punai Juarai Lomba Anyam Purun UPTD Taman Budaya Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 16 Juli 2021

Tas Purun Motif Mata Punai Juarai Lomba Anyam Purun UPTD Taman Budaya Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Lima peserta berhasil meraih juara dalam lomba meanyam purun yang dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (15/7/2021).

Lima pemenang lomba tersebut yakni, juara pertama diraih Marlina dengan anyaman berupa tas purun motif mata punai, juara dua Masrupa anyaman tas dengan motif ramak sahang, juara tiga Aminah anyaman tas dengan motif kucing garong, dan untuk juara harapan satu Silvia anyaman dompet motif moderen, harapan dua Liyana.

kategori pemenang dalam lomba meanyam purun berdasarkan penilaian dewan juri meliputi kerapian anyaman purun, motif purun, kualitas produk, dan sikap selama bekerja finishing akhir produk anyaman purun.

Hadiah yang diberikan untuk ke lima pemenag lomba tersebut yakni, juara satu mendapatkan uang senilai Rp 6.000.000, beserta piala, juara dua senilai Rp 4.000.000, beserta piala, juara tiga senilai Rp 3.000.000, beserta piala, dan juara harapan satu senilai Rp 2.000.000, beserta piala, dan juara harapan dua senilai Rp 1.000.000, beserta piala.

Pemenang juara satu lomba meanyam purun, Marlina mengatakan memilih motif mata tuna karena menurutnya beda dari yang lain."Supaya tidak sama dengan peserta lain," kata dia.

Keahliannya meanyam purun sudah dilakukam sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), namun hanya berupa anyaman tikar purun. Sedangkan untuk keahlian membuat tas purun baru dia dapatkan pada 2016 akhir saat mengikuti pelatihan di Kabupaten Amuntai, dan saat ini dia tergabung dalam kelompok galuh banjar di rumah purun yang ada di Banjarbaru.

Tidak hanya itu, keahliannya meanyam purun juga dijadikan sebagai pekerjaan sehari hari yang dilakukan di rumahnya di Banjarbaru.

Uang yang didapat dari lomba akan digunakannya untuk membeli perlengkapan bahan purun dan lainnya.

"Semoga bisa lebih baik lagi kedepannya dan lebih banyak bisa mengembangkan kreasi anyaman purun," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only