Sudah Masuk Awal Dzulhijjah, Dahsyat Banget Keutamaannya, Ini Pesan Rasulullah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 11 Juli 2021

Sudah Masuk Awal Dzulhijjah, Dahsyat Banget Keutamaannya, Ini Pesan Rasulullah

BERITABANJARMASIN.COM- Dzulhijjah 1442 H akan jatuh pada hari ini (11/7/2021). Pada 10 hari pertama di bulan haji ini, Allah SWT telah memberikan keistimewaan padanya. Hari-hari istimewa itu disebut dengan Al Ayyam Al Maklumat (hari-hari yang telah diketahui).

Wakil Ketua I Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, Syarbani Haira, mengatakan di 10 hari Dzulhidjjah merupakan bulan yang mulia dimana banyak pahala yang bisa didapat dengan menjalankan amalan-amalan pada bulan tersebut.

"Jadi kita memang diminta kalo yang punya duit berlebih biasa berzakat, maupun berkurban. Karena berkahnya luar biasa," ucap dia, Sabtu (10/7/2021).

Adapun amalan yang dilakukan di 10 hari bulan Dzulhijjah yakni sama seperti yang dilakukan sehari-hari dengan perbanyak membaca dzikir, mengucapkan istighfar, dan menyebut kebesaran Allah.

Di antara yang menunjukkan keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah adalah hadits Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun."

Kemudian kepada mereka yang akan berkurban hendaknya terlebih dahulu banyak bertanya kepada ustadz maupun tokoh agama. Hal ini dilakukan mengingat banyak orang yang kurang memahami seperti apa aturan saat akan berkurban.

Seperi larangan memotong kuku, dan rambut mulai tanggal satu sampai hari penyembelihan."Itu sudah ada larangan, jadi kalau misalnya mereka berkurban tanyalah yang tau," ujarnya.

Sementara itu, bagi yang belum mampu berkurban, menurutnya ada banyak cara agar mendapatkan pahala yang sama seperti orang yang berkurban. 

Diantaranya berpuasa, dan diakumulasi dengan berperilaku yang baik, melaksanakan ibadah sholat dengan rutin, menjauhi kejahatan, perbanyak istighfar, menyebut kebesaran Allah, dan berzakat.

"Jadi akumulasi intinya manfaatkan bulan Dzulhijjah tapi juga rutin dilanjutkan di hari-hari berikutnya," pungkasnya.(fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only