Sambut Idul Adha, Disbunnak Kalsel Sediakan 14.500 Lebih Sapi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 08 Juli 2021

Sambut Idul Adha, Disbunnak Kalsel Sediakan 14.500 Lebih Sapi


BERITABANJARMASIN.COMKepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel, Suparmi mengatakan stok hewan kurban menjelang Idul Adha 1442 H (tahun 2021 M) aman dan cenderung mengalami peningkatan.

Berbeda dengan tahun lalu yang disediakan sebanyak 12 ribu lebih ekor sapi, tahun ini Disbunnak menyediakan sebanyak 14.500 an lebih ekor sapi sedangkan perhitungan perkiraan kebutuhan masyarakat sekitar 13 ribu sekian.

"Jadi masih ada stok kita seribu lebih dilihat dari perhitungan perkiraan kebutuhan masyarakat," ujarnya Rabu (7/7/2021) usai rapat dengan Komisi II DPRD Kalsel.

Sama seperti tahun sebelumnya untuk menjamin keamanan bagi yang mengkonsumsi maupun penerima daging kurban pihaknya menurunkan tim pengawalan dan pemeriksaan ternak hewan kurban sebelum dipotong maupun sudah dipotong. 

Koordinasi dan sosialisasi pemeriksaan antemortem hewan kurban ini pun telah disampaikan pihaknya kepada Dinas yang mebidangi fungsi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner di kabupaten/kota.

Untuk mempertegas imbauan ini, lanjutnya pihaknya telah mengirim surat ke Pj gubernur agar disampaikan kepada bupati dan wali kota untuk pengawalan pemeriksaan hewan kurban pada masa pandemi saat ini.

"Kami juga akan rapat dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Kalsel untuk ikut bekerja sama dalam pemeriksaan hewan kurban," paparnya.

Aturan pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 8017/SE/PK.320/F/06/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) diimbau agar kegiatan kurban memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan dan penyebaran Covid 19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Jadi tidak boleh ada kerumunan di masyarakat hanya boleh menerima dagingnya saja," jelasnya.

Ia pun meyakini perekonomian di Kalsel dilihat dari minat masyarakat untuk berkurban tetap bagus meskipun masih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. "Minat masyarakat berkurban di tahun ini cenderung mengalami peningkatan," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only