Ubi Kayu "Disulap" Jadi Mie di Lomba B2SA Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 03 Juni 2021

Ubi Kayu "Disulap" Jadi Mie di Lomba B2SA Kalsel

foto: MC Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Mendukung pola pangan sehat dengan mengurangi konsumsi beras, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kalsel mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kalsel.

Lomba B2SA diikuti pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) penganan lokal di 13 kabupten/kota. "Kami mengenalkan kepada masyarakat pola pangan sehat itu tidak melulu dengan nasi," kata Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal Dinas Ketapang Kalsel, Riza Rosadi, Kamis (3/6/2021).

Sementara komposisi nasi itu hanya sepertiga dan selebihnya sayur dan hidangan pelengkap lainnya. Untuk Lomba Cipta Menu B2SH tahun ini yakni mengolah mie berbahan dasar ubi kayu yang sudah diolah menjadi tepung. "Karbohidrat itu bisa diganti dengan tepung, supaya enak dibikin mie," ujar dia.

Kegiatan lomba cipta B2SH rutin digelar setiap tahun bisa di bulan Agustus atau September. Mengingat masih adanya pandemi Covid-19 kegiatan lomba cipta B2SH dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. "Jadi kita yang akan keliling liat dimana mereka melakukan pembuatan pengolahan di situ kita melakukan penilaian," ungkapnya.

Riza mengatakan hadiah yang diberikan tidak terlalu besar, hanya saja agar para peserta lebih semangat. Tidak hanya di tingkat provinsi, lomba cipta B2SA juga rutin dilaksanakan di tingkat nasional bertepatan dengan hari pangan sedunia (HPS). "Kita tidak tahu lagi apakah HPS dilaksanakan secara ekspos seperti itu atau secara pola dengan mengikuti prokes," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner