KPU Kalsel Mengaku Siap Jika Hasil Pleno Digugat ke MK | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 18 Juni 2021

KPU Kalsel Mengaku Siap Jika Hasil Pleno Digugat ke MK

BERITABANJARMASIN.COM - KPU Kalsel telah menetapkan hasil rekapitulasi suara PSU Pilgub Kalsel. Pihaknya pun tidak masalah jika tim Denny Indrayana- H Difriadi Darjat (H2D) menolak atas hasil pleno dan siap pasang badan jika harus kembali berurusan dengan MK.

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji menjelaskan saksi yang tidak tandatangan dalam aturan tidak mempengaruhi keabsahan hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan, Kamis (17/6/2021).

Hal tersebut menurutnya hak tim paslon atau saksi. Pihak KPU pun akan menunggu 3x24 jam atau hingga Selasa (22/6/2021) pukul 18.00 WITA apakah akan ada gugatan atau tidak nantinya.

Adapun mengenai keberatan saksi H2D itu kata Sarmuji merupakan kewenangan pihak lain. Ia menegaskan tim paslon tidak ada keberatan terhadap proses pleno yang berlangsung namun hanya menolak hasilnya. "Keberatan ini silahkan disampaikan kepada pihak lain yang berwenang," ucapnya.

Dirinya pun menyakini bisa saja tim H2D mempertimbangkan kembali keputusan  mereka untuk membawa ke MK.  Meskipun begitu, jika di MK, KPU ujarnya juga akan menyiapkan jawaban atas pengajuan tim H2D dan biarkan MK yang menilai.

Komisioner KPU Kalsel, Nur Zazin memberikan tanggapan atas penolakan hasil rekapitulasi dan menyatakan pada prinsipnya penolakan bukan terkait prosedur pleno terbuka tingkat provinsi. 

Dimana dalam penandatanganan berita acara penetapan hasil pleno, hanya saksi tim H Sahbirin Noor- HMuhidin (BirinMu) yang menandatangani berita acara. Sedangan saksi tim H2D hanya menyaksikan penandatanganan berlangsung. "Silahkan sampaikan ke Bawaslu atau pihak yang berwenang lainnya," ujarnya.

Hasil Pleno KPU Kalsel menetapkan Paslon gubernur dan wakil gubernur Kalsel nomor urut 01 Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu)  sebagai pemenang Pilkada 2020.

Diketahui selisih suara antara Paslon 01 BirinMu dan 02 H2D terpaut hingga 2,34 persen atau terjadi selisih sebesar 39.945 suara. 

BirinMu meraih suara 751.816 saat pilkada Desember 2020 lalu, hasil suara PSU sebanyak 119.307 suara dengan hasil akhir 871.123 suara.

Sedangkan H2D meraih suara di Desember 2020 lalu 774.078, pada saat PSU meraih 57.100 suara dengan hasil akhir 831.178 suara. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner