Ini Penjelasan PUPR Kota Banjarmasin Mengenai Peningkatan Debit Air | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 01 Juni 2021

Ini Penjelasan PUPR Kota Banjarmasin Mengenai Peningkatan Debit Air

BERITABANJARMASIN.COM -Beberapa tirik ruas jalan dj Kota Banjarmasin kembali tergenang belakangan ini. Peningkatan debit air ditengarai jadi salah satu sebab, mengingat tak ada hujan deras.

Menurut Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Doyo Pundjadi, hal itu disebabkan efek gravitasi bulan. Sehingga permukaan air laut meninggi.

Sesuai dengan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang keadaan cuaca untuk cerah berawan. “Pada saat gerhana muncul biasa terjadi debit air pasang," paparnya, Selasa (1/6/2021).

Doyo menegaskan bahwa fenomena alam tersebut berbeda dengan musibah banjir di awal tahun 2021 lalu. Dimana air pasang disertai curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai kecil meluap.

Sedangkan saat ini hanya terjadi pasang surut air dampak dari gerhana bulan, dan tidak disertai intensitas hujan tinggi. “jadi ini tentu berbeda dan tidak bisa dikatakan banjir," ucapnya.

Kendati demikian ia mengakui akibat dari fenomena alam tersebut, berdampak kepada aktivitas dan kenyamanan masyarakat. Khususnya mereka yang bermukim di pinggiran sungai.

Untuk itu, pihaknya mulai mengerahkan pasukan turbo sebagai antisipasi dan menangani genangan air di beberapa titik ruas jalan. Dengan membersihkan saluran air yang mampet agar bisa dapat mengalir lancar. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner