BUMDesa Expo 2021, Pertama Digelar di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 27 Juni 2021

BUMDesa Expo 2021, Pertama Digelar di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Untuk pertama kalinya pameran produk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDesa digelar di Kalsel bertajuk "BUMDesa Expo Tahun 2021" dilaksanakan di Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, Zulkifli mengatakan pelaksanaan Expo BUMDesa 2021 ini pertama kali di Kalsel, untuk membuka wawasan dan menarik investor serta memperluas marketplace para pelaku Bumdes. "Selain itu juga untuk mengevaluasi, mendorong, dan memotivasi kinerja dari BUMDesa," kata dia.

Selain pameran kegiatan BUMDesa Expo 2021 juga sekaligus untuk memberikan penghargaan kepada BUMDesa agar lebih terus aktif dan lebih baik lagi kedepannya.

Ada enam BUMDesa yang menerima penghargaan yaitu Bumdes Berkah Mulia, Bumdes Pesona Rejo Jaya, Bumdes Maju Jaya, Bumdes Usaha Kreatif Mandiri, Bumdes Karya Indah dan Bumdes Maju Bersama.

Sementara itu, Pj Gubernur Safrizal ZA dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali mengatakan agar para BUMDesa yang mendapatkan penghargaan dapat memotivasi BUMDesa lainnya, sekaligus dapat mengembangkan dan memajukan BUMDesa di Kalsel.

Dikatakan Roy, para peserta BUMDesa Expo 2021 memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi kemajuan bangsa. Dimana BUMDesa berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga desa menjadi ujung tombak untuk membangun Bangsa di masa depan maupun dimasa sekarang.

Data menunjukkan progres yang positif dan menggembirakan untuk mencapai kemajuan diwilayah desa. Salah satu indikator telihat dari perkembangan BUMDesa yang cukup pesat.

Sejak Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 dilaksanakan setidaknya per Maret 2021 jumlah BUMDesa yang sudah terbentuk sebanyak 47.500 Bumdes.

Sementara itu di Kalsel sendiri dari 1.864 desa yang tersebar di 11 Kabupaten sudah terbentuk 1.482 BUMDesa dari total desa di Kalsel.

"Dari ribuan BUMDesa ada 915 BUMDesa berada di kategori tumbuh, 522 BUMDesa kategori berkembang, dan 45 adengan kategori maju," papar Roy.

Ditambahkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr Supian HK, mengharapkan agar BUMDesa yang mendapat penghargaan bisa menjadi contoh untuk kabupaten lain. 

"BUMDesa yang sudah menjadi contoh ini agar bisa lebih mengembangakan supaya bisa meningkatkan PAD di wilayahnya masing - masing sehingga nantinya tidak berhenti hanya sampai di sini," ujar dia.

Supian HK juga menambahkan Kelurahan-kelurahan yang lain, bisa di alokasikan dananya untuk menambah modal walaupun kecil tapi tepat sasaran. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only