Perencanaan Relokasi Rumah Warga Terdampak Banjir di Satui Mulai Dilakukan Pemkab Tanbu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 19 Mei 2021

Perencanaan Relokasi Rumah Warga Terdampak Banjir di Satui Mulai Dilakukan Pemkab Tanbu

BERITABANJARMASIN.COM - Rencana Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) untuk merlokasi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Satui, kini mulai dilakukan dengan menyiapkan skema relokasi rumah warga.

Bupati Tanbu dr Zairullah Azhar, mengatakan banjir di Satui kerap terjadi setiap tahunnya. Banyak rumah warga terendam banjir.

"Salah satu solusi mengatasi banjir tersebut yaitu dengan merelokasi rumah warga yang menjadi langganan banjir," kata Zairullah, Rabu (19/5/2021).

Disamping itu, solusi mengatasi banjir di Kabupaten dengan slogan Serambi Madinah ini yaitu dengan membangun Bendungan Kusan.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Tanbu, H Ansyari Firdaus, mengatakan hasil rapat beberapa waktu lalu, ada rencana merelokasi rumah warga yang menjadi langganan banjir. Utamanya rumah warga yang ada di bantaran sungai.

Terkait relokasi ini, sebut Ansyari Firdaus, lahan yang sedang disiapkan memiliki luasan sekitar empat hektare yang berada di Desa Sungai Danau dengan status hibah.

Sedangkan lahan lainnya yang disiapkan berada di Desa Sinar Bulan dengan luasan antara 1 atau 2 hektare dengan status ganti biaya.

“Sebagai langkah awal dari tindaklanjut rencana relokasi, Dinas Perkimtan sudah menurunkan Tim menggali informasi terkait lahan tersebut. Hingga statusnya clean and clear,” katanya.

Sedangkan jumlah rumah keluarga yang harus direlokasi, sambung dia diperkirakan untuk Desa Sungai Danau sebanyak 200 kepala keluarga, sedangkan Desa Sinar Bulan sebanyak 50 sampai 80 kepala keluarga.

Adapun kisaran estimasi biaya pembangunan rumahnya, yaitu untuk rumah semi permanen senilai Rp 50 juta lebih, sedangkan rumah permanen senilai Rp 100 juta lebih.

“Secepatnya kami menghadap Bupati terkait gambaran umumnya relokasi rumah tersebut,” katanya.

Untuk dana relokasi, sebut Ansyari Firdaus akan diupayakan melalui APBN maupun APBD.

Ia juga menambahkan, untuk lokasi pembangunan rumah nantinya haruslah startegis dan berada di dataran yang tinggi agar bebas banjir.

Relokasi ini sambunganya, juga melibatkan beberapa SKPD seperti Bappeda, BPBD, PUPR, Camat, Kades, Tenaga Ahli, dan lainnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Bupati Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Muhammad Satra menyambut baik dengan upaya Pemkab merelokasi rumah warga dan juga rencana pembangunan Bendungan Kusan.

"Banyak manfaat yang didapat jika bendungan kusan terealisasi seperti mencegah terjadinya banjir, menghidupkan geliat perekonomian warga, meningkatnya sektor pertanian, perikanan, dan air bersih," pungkasnya. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner