Masuk Sistem Irigasi Terbesar Nasinal, Kawasan Polder Alabio Diminta Dihidupkan Kembali | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 15 April 2021

Masuk Sistem Irigasi Terbesar Nasinal, Kawasan Polder Alabio Diminta Dihidupkan Kembali

BERITABANJARMASIN.COM - DPRD Hulu Sungai Utara (HSU) meminta dukungan DPRD Kalsel untuk menghidupkan kembali kawasan Polder Alabio yang meliputi empat kecamatan, yaitu Babirik, Tabukan, Sungai Pandan, dan Danau Panggang.

Polder Alabio ini merupakan sistem irigasi terbesar secara nasional karena mampu mengairi sawah hingga 6.000 hektare padi dan palawija. Proyek Polder Alabio sendiri diharapkan dapat menunjang ketahanan pangan daerah hingga nasional serta meningkatkan kesejahteraan para petani. 

Usulan dari DPRD HSU pada Kamis (15/4/2021) itu direspon baik Ketua DPRD Kalsel, Supian HK yang berjanji akan membawa usulan ini ke Kementerian Pekerjaan Umum agar dapat dijadikan gerakan nasional.

Supian HK juga berjanji akan menjalin kerja sama dengan kementerian di bidang pertanian dan perikanan untuk menyuplai bibit di Kalsel.

Menurutnya, ada tiga potensi besar yang dapat dikembangkan di HSU yakni bidang pertanian, peternakan dan perikanan. "Untuk ternak, HSU marwahnya pada Itik Alabio ini harus terus dikembangkan budidayanya," ujar politisi Golkar tersebut. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only