Lima Kabupaten/Kota Dapatkan Penghargaan Satu Wasaka Award Tahun 2020 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 22 April 2021

Lima Kabupaten/Kota Dapatkan Penghargaan Satu Wasaka Award Tahun 2020


BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Provinsi Kalsel memberikan penghargaan Satu Wasaka Award tahun 2020 kepada 5 Kabupaten/Kota se-Kalsel atas keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan sanitasi dan air minum.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan secara virtual bersamaan dengan kegiatan Musrembang RKPD Tahun 2021 yang dihadiri 13 Kabupaten/Kota.

Adapun penerima anugerah SATU WASAKA Award tahun 2020 yaitu Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin.

Sedangkan kategori inovasi kolaborasi masyarakat tahun 2020 diterima dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatannya, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengucapkan selama kepada Kabupaten/Kota yang telah menerima penghargaan Satu Wasaka award tahun 2020. 

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi kita bersama untuk mewujudkan pembangunan daerah yang lebih baik,” kata Safrizal, Kamis (22/4/2021). 

Dikesempatan yang sama, Koordinator Satu Wasaka Award sekaligus Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto menambahkan Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing Award merupakan penghargaan kepada Kabupaten/Kota dalam pembangunan sanutasi dan air minum oleh Provinsi Kalsel.

Sebagai upaya strategis yang dilakukan Provinsi untuk melaksanakan perannya dalam fasilitasi, koordinasi, advisory, advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring, dan evaluasi sehingga perencanaan pembangunan sanitasi dan air minum yang telah disusun oleh Kabupaten/Kota dapat diimplementasikan secara terarah sesuai dengan prioritas daerah.

“Tujuan Satu Wasaka Award untuk mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum, kedua mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, ketiga melaksanakan fungsi Pokja AMPL Provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi,” ujarnya.

Keempat, meningkatkan keterlibatan stakeholders dalam pembangunan sanitasi dan air minum dan kelima mendorong inovasi daerah dalam pembangunan sanitasi dan air minum.

“Selamat kepada seluruh Kabupaten/Kota penerima anugerah Satu Wasaka Award 2020, dan mari bersama terus bersinergi antar Kabupaten/Kota se-Kalsel dalam mewujudkan 100% akses sanitasi air minum layak tahun 2024,” pungkasnya. (MC Kalsel/rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only