Beasiswa Etos ID 2021 Dibuka, Berikut Persyaratannya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 09 April 2021

Beasiswa Etos ID 2021 Dibuka, Berikut Persyaratannya


BeritaBanjarmasin - Seleksi Beasiswa Nasional Etos ID 2021 telah dibuka hingga 11 April 2021 mendatang. Penyedia Beasiswa, Dompet Dhuafa Pendidikan, memprioritaskan beasiswa ini untuk mahasiswa yang berada di luar Pulau Jawa.

Ada 14 wilayah seleksi di 14 Kampus yang menjadi mitra Beasiswa Nasional Etos ID yakni Aceh (Universitas Syiah Kuala), Medan (Universitas Sumatera Utara), Padang (Universitas Andalas), Jambi (Universitas Jambi), Lampung (Universitas Lampung).

Kemudian Banjarmasin (Universitas Lambung Mangkurat), Samarinda (Universitas Mulawarman), Palangkaraya (Universitas Palangkaraya), Makassar (Universitas Hasanuddin), Kendari (Universitas Halu Oleo), Palu (Universitas Tadulako), Majene (Universitas Sulawesi Barat), Mataram (Universitas Mataram) dan Ambon (Universitas Pattimura).

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Calon Mahasiswa/i  Angkatan 2021 di 14 PTN Etos ID; Beragama Islam; Memiliki prestasi/pengalaman di bidang akademik dan organisasi, Berkomitmen mengikuti program pembinaan selama 8 semester dan Mendapat persetujuan orang tua.

Registrasi dapat dilakukan melalui pranala www.etos-id.net. dari 3-11 April 2021. Pengumuman kelolosan berkas pada 20 April 2021 dilanjutkan Seleksi Wawancara 24 April – 9 Mei 2021.

Pengumuman akhir dilaksanakan pada 18 Juni 2021 dan pada 25 Juni 2021 dilanjutkan  Tanda Tangan Akad. Kemudian Home Visit pada 1 - 31 Juli 2021.

Adapun data yang perlu disiapkan untuk diunggah pada website yakni Foto/scan Slip Gaji/Surat Keterangan, Penghasilan Orang Tua, Tulisan bertema “Cita-cita dan Peranku dalam Membangun Daerah”.

Bagi pendaftar yang lolos ke tahap wawancara wajib melampirkan Pas foto (4x6), Tanda Pengenal (KTP/SIM/Kartu Pelajar), Kartu Keluarga, Piagam Prestasi, Foto Scan Raport 5 Semester terakhir (Kelas 1, 2, dan 3), Foto rumah bagian depan rumah, tempat tidur, kamar mandi, dan dapur (masing-masing 1 foto).

Banyak manfaat yang dapat diterima mahasiwa dari beasiswa ini seperti Support aktivitas bulanan (uang saku Rp.600.000/bulan) selama 8 semester; Bantuan biaya pendidikan (UKT) selama 8 semester; Peningkatan kemampuan bahasa asing (Bahasa Inggris); Pendampingan mentor (akademik dan organisasi); Bela diri (menyesuaikan selama pandemi); Training pengembangan diri dan Persiapan karir.

Lahirnya Etos ID ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mewujudkan SDM strategis di daerah sehingga sasaran kampus akan diprioritaskan ke daerah khususnya di luar pulau Jawa. 

Selain itu, perubahan sasaran kampus ke daerah-daerah merupakan wujud keberpihakan pengelolaan dana zakat agar lebih dirasakan kebermanfaatannya disaat banyaknya program beasiswa yang tersebar di kampus-kampus utama di pulau Jawa. (Rilis/Advertorial)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only