Pemprov Kalsel dan Pemkab Tala Kerja Sama Tingkatkan Layanan Air Bersih | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 02 Maret 2021

Pemprov Kalsel dan Pemkab Tala Kerja Sama Tingkatkan Layanan Air Bersih

BERITABANJARMASIN.COM - Sebagai pelayanan jaringan air bersih bagi masyarakat regional Banjarbakula, khususnya wilayah Tanah Laut, Pemprov Kalsel jalin kerja sama perjanjian operasional pemanfaatan aset SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) bersama Pemkab Tanah Laut.

"Guna memenuhi layanan air bersih kepada masyarakat pada daerah yang airnya sulit dijangkau oleh jaringan perpipaan," ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Syaiful Azhari, Selasa (2/3/2021).

Adapun alokasi dana dari berbagai sumber diantaranya melalui pendanaan APBD provinsi, kabupaten, serta pembiayaan anggaran dari program nasional Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi 
Berbasis Masyarakat). 

Pembangunan dilakukan bersinergi dengan Balai Prasarana Permukiman Kalsel dan Balai Wilayah Sungai Kalsel Kementerian PUPR."Akses yang sudah dibangun agar segera dapat difungsikan dan dilakukan kerja sama pengoperasionalnya," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tala, Dahnial Kifli mengatakan melalui MoU ini diharapkan dapat memaksimalkan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. 

Dana tersebut dialokasikan Pemkab Tala untuk membangun jaringan pipa distribusi, jaringan layanan, serta sambungan rumah di regional Banjarbakula wilayah Tala. Khususnya pada kecamatan Bati-bati, Tambang Ulang, Kurau dan Bumi Makmur.

"Kami berharap SPAM regional Banjarbakula dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat," harapnya

Perjanjian kerja sama ini sudah beberapa kali dilakukan dan terus diperpanjang sampai tahun anggaran 2021 berjalan. Terlebih pasca banjir, kebutuhan air bersih sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak musibah.

Kepala Balai Pengelolaan Air Minum Banjarbakula, Nazaruddin Alhaida menambahkan, operasional SPAM tahap pertama akan dilakukan pada daerah Kurau dan Bati-Bati."Dua kecamatan tersebut akan mendapat aset berupa tandon air, pompa penekan serta dukungan pasokan daya listrik PLN," pungkas dia. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only