Embung Kampung Banjar Bakal Dikembangkan Jadi Agro Wisata | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 24 Maret 2021

Embung Kampung Banjar Bakal Dikembangkan Jadi Agro Wisata

BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III, Fikri Abdurrachman mengatakan akan mengembangkan Embung Kampung Banjar menjadi pusat agrowisata dan ekonomi.

"Selain area konservasi, juga untuk tempat interaksi sosial budaya hingga kegiatan ekonomi dan wisata," ucap Fikri, Selasa (23/3/2021).

Dimulai dari menanam ratusan bibit pohon yang merupakan donatur dari berbagai perusahaan di Kalsel. Bibit yang ditanam, sebagian besar adalah pohon yang menghasilkan buah. Seperti pohon mangga, sawo, jambu hingga durian. "Pohon yang menghasilkan buah, sehingga 2-5 tahun ke depan sudah bisa kita panen," ujar dia.

Untuk mengelola area tersebut, BWS akan melibatkan beberapa pihak dalam merawat dan memanfaatkan pohon buah yang telah ditanam. Kerja sama ini juga dituangkan dalam penandatanganan MoU.

"Akan dilibatkan beberapa pihak, BWS sendiri, Ikatan Pensiunan PU (IPPU), Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) dan masyarakat lainnya," kata dia.

Dalam kesempatan ini juga BWS Kalimantan III melakukan penanaman 800 bibit pohon di Embung Kampung Banjar bersama jajaran Pemprov Kalimantan Selatan. "Tujuannya membuat ruang terbuka hijau yang didominasi tumbuhan," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only