Wali Kota Banjarmasin Ingin Turbah Sungai Jingah Jadi Situs Cagar Budaya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 08 Februari 2021

Wali Kota Banjarmasin Ingin Turbah Sungai Jingah Jadi Situs Cagar Budaya

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berencana memasukkan Makam Habib Hasan Bin Idrus atau dikenal dengan Turbah Sungai Jingah, yang terletak di Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara menjadi salah satu objek cagar budaya tingkat Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan makam tersebut merupakan situs makam habaib tertua di Kalimantan Selatan, Beliau pun ingin melakukan pembenahan terutama pada pagar belakang dan siring sungai yang membelah turbah itu sampai ke belakang.

Dikarenakan berkaitan dengan budaya, Alhasil Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pun akhirnya melakukan peninjauan untuk selanjutnya langkah-langkah perbaikan akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Kedepannya, untuk kemungkinan sebagai status cagar budaya, akan kami konsultasikan dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Banjarmasin," kata Ihsan Al Hak selaku Kadisbudpar Banjarmasin.

Sementara dari TACB Kota Banjarmasin, Mansyur memaparkan makam tersebut dapat dimasukkan dalam usulan pengkajian timnya untuk direkomendasikan menjadi cagar budaya. Rentang waktu lama kajian variatif, paling singkat satu bulan.

"Mekanismenya ada pengusulan sebagai Cagar Budaya oleh Tim Pendaftaran. Kemudian TACB melakukan kajian, sekaligus merekomendasikan penetapan dan peringkat Cagar Budaya ke pejabat berwenang, Pak Wali Kota untuk ditetapkan menjadi cagar budaya," kata pria yang akrab disapa Mansyur.

beliau menguraikan Kajian TACB berhubungan dengan makam apakah sudah berusia 50 tahun atau lebih, mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, serta memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan atau kebudayaan. 

"Selain itu memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa tentunya," jelas Mansyur. (Mz-Diskominfotik)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner