Pasca Banjir, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Banjarmasin Relatif Stabil | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 05 Februari 2021

Pasca Banjir, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Banjarmasin Relatif Stabil

BERITABANJARMASIN.COM - Memasuki awal Februari 2021, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat di Kota Banjarmasin. 

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bidang Perdagangan, Disperdagin, Ichrom Muftezar mengungkapkan pada pasar tradisional di Kota Banjarmasin harga bahan pokok relatif stabil meskipun harga dari supplier untuk komoditas beras lokal dan tepung perkarungnya terdapat sedikit kenaikan.

Namun lanjut pria yang akrab disapa Tezar ini, untuk harga eceran masih tetap dan tidak ada kenaikan. bahkan beberapa komoditas bahan pokok seperti telur dan cabai serta ikan asin harganya mengalami penurunan.

"Untuk telur ayam ras mengalami penurunan harga yang sebelumnya rata-rata Rp. 25.000 perkilogram menjadi rata-rata Rp. 24.000 perkilogram," paparnya.

Setali tiga uang, Tezar merinci harga cabai segar yang mengalami penurunan yaitu cabai merah keriting yang sebelumnya Rp. 50.000 perkilogram menjadi rata-rata Rp. 45.000 perkilogram. 

Untuk ikan asin yang mengalami penurunan harga yaitu ikan asin telang tenggiri dan ikan asin teri, untuk ikan asin telang tenggiri harga sebelumnya rata-rata Rp. 85.000 perkilogram turun menjadi Rp. 83.000 perkilogram, dan untuk ikan asin teri kualitas sedang harga sebelumnya Rp. 70.000 perkilogram menjadi Rp. 65.000 perkilogram.

Disisi lain, ungkap Tezar, untuk bahan pokok yang lainnya tidak mengalami perubahan harga yang signifikan jadi harganya relatif stabil, kecuali untuk  harga komoditas kedelai l masih tinggi akibat naiknya harga kedelai impor.

Namun kata Tezar, hal itu tidak berpengaruh pada harga tahu dan tempe yang sekarang cenderung turun mendekati harga sebelum terjadinya musibah banjir karena produksi dan pasokan tahu dan tempe sudah mulai normal kembali.

"Ketersedian bahan pangan pokok terus kami pantau, semunya masih cukup dan tersedia sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan pangan pokok khususnya di kota Banjarmasin," pungkasnya. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner