Pansus RTRW Banjarmasin Bahas Wacana Pembangunan Wilayah Perkantoran Terpadu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 25 Februari 2021

Pansus RTRW Banjarmasin Bahas Wacana Pembangunan Wilayah Perkantoran Terpadu

BERITABANJARMASIN.COM - Wacana Pembangunan wilayah perkantoran Pemerintah Kota Banjarmasin masuk dalam Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin tahun 2021- 2040.

"Dalam rapat diusulkan paling tidak ada perencanaan kedepan terkait rencana wilayah perkantoran ini," ujar Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW Kota Banjarmasin, Arufah Arif (24/2/2021).

Ada dua opsi dimana wilayah Perkantoran Pemerintah Kota Banjarmasin direncanakan dibangun yakni di daerah Banjarmasin Timur atau di Banjarmasin Selatan. 

"Jika disepakati pemerintah kota maka akan kita plot menjadi rencana perkantoran di dalam Raperda RTRW," katanya.

Mengingat, saat ini instansi pemerintahan yang ada di Kota Banjarmasin terpencar di beberapa wilayah yang mengharuskan masyarakat berurusan dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Seperti Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ada di Jl Sultan Adam, Banjarmasin Utara, Kantor Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) di Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur serta Dinas Perhubungan (Dishub) di Banjarmaain Barat. 

"Kita ingin adanya perkantoran terpadu agar dalam pelayanan publik memudahkan masyarakat dalam berurusan baik dokumen kependudukan atau hal lainnya," ujarnya.

Wacana ini lanjutnya, telah masuk dalam draft Raperda RTRW yang saat ini tengah dibahas. Meskipun begitu hal ini masih berupa usulan dan belum disepakati secara permanen. "Jika ada pertimbangan lain akan dibahas hingga finalisasi nanti," jelasnya.

Tentunya kata dia, pemerintah kota harus benar-benar siap dalam menyediakan lahan yang menjadi wilayah perkantoran terutama dalam pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH). (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only