Komisi IV: Banjarmasin Perlu Dinas Khusus Penanganan Sungai | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 08 Februari 2021

Komisi IV: Banjarmasin Perlu Dinas Khusus Penanganan Sungai

BERITABANJARMASIN.COM - DPRD Kota Banjarmasin menilai Banjarmasin perlu dinas tersendiri menangani sungai, dalam hal ini Dinas SDA dan drainase Kota Banjarmasin perlu ada lagi di dalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dikatakan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Zainal Hakim musibah banjir di kota ini tidak bisa dilepaskan dengan drainase dan sungai, karena kondisi geografis kota ini yang dipenuhi aliran sungai.

Selain itu daerah Banjarmasin juga sebagian besar rawa dan daratannya berada di bawah permukaan air laut. Melihat kondisi tersebut perlu katanya, tata kelola dengan baik hingga penanganan khusus kembali digalakkan terhadap drainase dan sungai-sungai yang ada di kota ini.

Banjarmasin memiliki kearifan lokal tersendiri sebagai kota yang banyak memiliki sungai, selain itu daerahnya juga sebagian besar rawa, bahkan daratannya di bawah permukaan air laut.

Meskipun penanganan masalah SDA dan drainase berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah diatur pemerintah pusat namu perlu dilakukan peninjauan terhadap kebijakan di Kota Banjarmasin.

"Banjarmasin perlu dinas tersendiri menangani masalah sungai ini, kita akan mengusulkan juga nanti ke pemerintah pusat agar di kembalikan lagi Dinas SDA dan drainase Kota Banjarmasin," ujar politisi PKB tersebut.

Dirinya memberi contoh sebuah daerah yang banyak gunungnya tentu perlu ada dinas/instansi tersendiri menanganinya. Kearifan lokal yang dimiliki suatu daerah tersebut menurutnya perlu dipikirkan untuk memberi penanganan secara khusus. 

Pemerintah Kota Banjarmasin lanjutnya, kini harus konsen untuk mengelola sungai dan drainase sebagai salah satu upaya agar musibah banjir besar ini tidak terjadi lagi. "Semua harus memikirkan kedepannya seperti apa," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only