Wali Kota Ibnu Sina: Bangunan di Atas Aliran Sungai Ganggu Drainase Bakal Dikaji | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 26 Januari 2021

Wali Kota Ibnu Sina: Bangunan di Atas Aliran Sungai Ganggu Drainase Bakal Dikaji


BERITABANJARMASIN.COM  - Setelah dilakukan pembongkaran, rencananya sisa bangunan ruko di kawasan Pasar Kuripan Banjarmasin yang berada di atas bantaran sungai juga akan dibongkar.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, memaparkan recana tersebut akan ditindak lajuti dengan melakukan rapat bersama jajarannya. Karena terjadinya banjir disinyalir salah satunya disebabkan bangunan ruko yang berada di atas aliran Sungai Veteran. "Ini perlu kita rapatkan terlebih dahulu, bersama SKPD terkait," ujarnya Senin (25/1/2021).

Ibnu juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 silam, pemkot melalui Dinas PUPR Kota Banjarmasin telah merencanakan normalisasi Sungai Veteran. Dimulai dari Tempekong hingga ke Sungai lulut, atau sepanjang 3,5 KM, yang sebagian telah dibebaskan lahannya oleh Pemkot Banjarmasin beberapa tahun silam.

"Karena status jalan Veteran ini adalah jalan provinsi, maka ada tiga pembiayaan yang masuk di dalamnya," terangnya.

Seperti pemebebasan lahan dilakukan oleh Pemkot Banjarmasin dan pembangunan fisik oleh APBN serta APBD Provinsi Kalsel. Terlebih sungai Veteran merupakan sungai vitalnya dua kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Tengah.

Untuk itu ia menginstruksikan PUPR Banjarmasin mengkaji penataan Sungai Veteran tersebut, agar banjir parah seperti saat ini tak terulang. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only